Merajut Momentum Kebangkitan Pariwisata Indonesia di Tahun 2021

Minggu, 27 September 2020 - 11:50 WIB
loading...
Merajut Momentum Kebangkitan Pariwisata Indonesia di Tahun 2021
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) optimis tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan pariwisata Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) optimis tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan pariwisata Indonesia. Terlebih, adanya kabar yang menyebut bahwa vaksin Covid-19 akan tersedia tahun depan menjadi kabar baik bagi sektor pariwisata.

(Baca Juga: Era Baru Sektor Pariwisata, Kesiapan Daerah Terapkan CHSE Diawasi Ketat )

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa menyampaikan, pihaknya akan menyambut era baru pariwisata yang lebih tangguh dan maju.

"Tentunya tantangan baru bagaimana menciptakan budaya berwisata yang nyaman tapi lebih peka pada aspek kesehatan, keselamatan dan kelestarian alam," ujar Rizki dalam acara peringatan World Tourism Day secara virtual, Minggu (27/9/2020).

Rizki menambahkan, pihaknya meyakini setelah adanya vaksin Covid-19, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan kian melesat nantinya. Oleh karena itu, pemerintah harus menyiapkan era post vacsin dari sekarang sembari menjaga pikiran-pikiran baik yang akan banyak memunculkan peluang baru.

"Saya yakin pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia mampu memanfaatkan berbagai peluang ini untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dari masa pandemi ini, sehingga kita siap ke depan," kata dia.

(Baca Juga: Branding CHSE Jadi Kunci Sektor Pariwisata Bangkit )

Dia menyampaikan, Kemenparekraf telah menginisiasi kampanye Indonesia Care, yang merupakan strategi komunikasi untuk membuktikan bahwa seluruh tempat usaha sektor pariwisata atau usaha sektor ekonomi kreatif telah mengutamakan prinsip-prinsip kebersihan, kesehatan, keselamatan dan lingkungan lestari bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif maupun konsumennya.

"Tujuan utama dari Indonesia Care adalah untuk gaining confidence dalam menciptakan rasa aman bagi wisatawan atau penonton atau pengunjung atau delegasi kegiatan dengan berbagai video tutorial, video simulasi kesehatan dan protokol kesehatan," ucapnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)