Gandeng Korsel, Vaksin Covid-19 Siap Uji Klinis Tahap Kedua

Kamis, 01 Oktober 2020 - 19:56 WIB
loading...
Gandeng Korsel, Vaksin Covid-19 Siap Uji Klinis Tahap Kedua
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Kalbe Farma mengungkapkan bahwa perkembangan kerja sama vaksin Covid-19 dengan perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) yakni Genexine, sudah memasuki uji klinis tahap kedua.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan, perkembangan penelitian mengenai vaksin tersebut terus berjalan. Adapun, rencananya tahap kedua uji klinis bisa dilakukan pada kuartal keempat 2020.

"Saat ini masuk ke uji klinis kedua. Mudah-mudahan kuartal 4 (2020) sudah berjalan," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/10/2020). (Baca juga: Sambil Kembangkan Vaksin, Pemerintah Susun Peta Imunisasi Covid-19 )

Dia merinci uji klinis yang harus dilalui sebelum vaksin tersebut siap secara komersial. Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dari vaksin virus Covid-19 tipe baru tersebut.

"Pada fase pertama, uji klinis sudah dilaksanakan di Korea Selatan dan diperkirakan akan selesai pada bulan Oktober - November tahun ini nantinya untuk fase selanjutnya akan dilaksanakan di kedua negara," bebernya. (Baca juga: 3 Drama Korea yang Tayang di Oktober )

Dia juga menyampaikan, jika tak ada aral melintang, vaksin ini bisa diproduksi massal dan siap diedarkan pada pertengahan 2021. "Harapannya di pertengahan 2021 vaksin sudah siap," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)