Pertagas Latih Kader Posyandu di Aceh Timur Cegah Stunting

Rabu, 07 Oktober 2020 - 15:47 WIB
loading...
Pertagas Latih Kader Posyandu di Aceh Timur Cegah Stunting
Pelatihan kader posyandu untuk pencegahan stunting di Gampong Alue Geunteng dan Tampak, Kec. Rantau Peureulak, Kab. Aceh Timur, Aceh. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Data Rikesda Kemenkes Tahun 2019 menunjukkan, Kecamatan Aceh Timur memiliki jumlah kasus stunting di tertinggi sebanyak 8.583 kasus se-Provinsi Aceh. Hal ini mendasari komitmen PT Pertamina Gas (Pertagas) untuk ikut membantu menurunkan angka stunting di wilayah kerja Pertagas Operation North Sumatera Area (ONSA).

Selama dua hari, Pertagas bekerja sama dengan The Indonesia Village melakukan Pelatihan Peran Serta Kader Posyandu Tahun 2020 di Gampong Alue Geunteng dan Tampak, Kec. Rantau Peureulak, Kab. Aceh Timur, Aceh.

(Baca Juga: Pertagas Ujicoba Alirkan Gas Perdana ke Kuala Tanjung)

Pelatihan ini bertujuan agar Kader Posyandu lebih memahami peranan dalam melakukan aktivitas posyandu, tidak hanya melakukan pengukuran berat badan dan tinggi badan. Karenanya dalam pelatihan tersebut juga diberikan tips dan trik agar Kader mampu lebih percaya diri dalam penyampaian penyuluhan kesehatan.

Pelatihan ini diambut baik sukarelawan Kader Posyandu karena kebanyakan dari mereka mengakui masih kurang bekal pengetahuan serta mengenai informasi kesehatan terbaru. "Jadi kami senang sekali dengan adanya pelatihan ini," ungkap Farida, salah satu sukarelawan.

Di lokasi berbeda, Manager Operation NSA Agus Mukorobin menyampaikan bahwa Pertagas berkomitmen membantu program pemerintah guna menurunkan angka stunting khususnya di wilayah kerja operasional.

(Baca Juga: Jokowi Tunjuk BKKBN sebagai Penanggungjawab Utama Penanggulangan Stunting)

"Program pelatihan ini bertujuan untuk me-refresh kembali kemampuan para kader posyandu, sembari memberikan dukungan dan semangat untuk menyebar informasi Kesehatan pada ibu hamil dan anak sampai usia 5 tahun yang sering terkena penyakit stunting ini. Harapannya juga agar dapat membangun silaturahmi dan bermanfaat untuk masyarakat," tuturnya.

Sebagai komitmen Pertagas dalam menurunkan angka stunting, sebelumnya Pertagas juga telah memberikan bantuan sumber air bersih. Bantuan itu diberikan di tiga desa yaitu di Gampong Kliet, Tampak dan Alue Geunteng yang sempat kesulitan untuk memperoleh air bersih guna kebutuhan konsumsi di masyarakat.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6193 seconds (0.1#10.140)