PLN UID Jaya Lakukan Inspeksi Kelistrikan Rumah Pompa dan Pintu Air

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 14:17 WIB
loading...
PLN UID Jaya Lakukan Inspeksi Kelistrikan Rumah Pompa dan Pintu Air
PLN UID Jaya Lakukan Inspeksi Kelistrikan Rumah Pompa dan Pintu Air
A A A
JAKARTA - Mendekati akhir tahun seluruh wilayah di Indonesia diperkirakan akan mengalami peningkatan curah hujan, tidak terkecuali di DKI Jakarta. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa peningkatan curah hujan akibat fenomena La Nina bisa mencapai 40 persen, bahkan hingga awal tahun 2021. Sebagai langkah antisipasi, GM PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya), Doddy B. Pangaribuan, melakukan inspeksi kelistrikan ke sejumlah Rumah Pompa dan Pintu Air pada Kamis (7/2020).

Adapun Rumah Pompa yang diinspeksi antara lain Rumah Pompa Pluit Muara Baru, Rumah Pompa Pasar Ikan dan Rumah Pompa Ancol. Tujuan inspeksi tersebut adalah untuk memeriksa kelistrikan yang memasok rumah pompa dan pintu air serta berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta.

“Menghadapi kemungkinan curah hujan yang tinggi, kami melakukan mitigasi dari sisi kelistrikan. Tentunya mari kita berdoa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Doddy.

Doddy menyebutkan bahwa PLN UID Jaya telah melengkapi 6 gardu pemasok rumah pompa yang dengan Automatic Change Over (ACO). Dengan adanya ACO ini, pasokan utama ke rumah pompa akan terjaga keandalannya. Apabila gardu yang memasok rumah pompa mengalami gangguan, maka pasokan listriknya akan otomatis berpindah ke pasokan cadangan, sehingga rumah pompa akan tetap bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Beberapa upaya lain yang dilakukan PLN UID Jaya yaitu melakukan pemeliharaan dan peninggian terhadap 80 gardu distribusi yang memasok rumah pompa dan tempat-tempat penting, serta melakukan inspeksi dan pemeliharaan terhadap kabel tegangan rendah serta tiang penyangganya untuk segera dilakukan perbaikan apabila terdeteksi masalah, terutama di lokasi yang sering digunakan untuk berteduh pada saat hujan.

“Kami tetap mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada jika berkontak dengan listrik ketika musim hujan, baik saat berada di rumah maupun di luar rumah,” imbau Doddy.

Lebih lanjut, Doddy menjelaskan bahwa PLN UID Jaya juga telah mempersiapkan posko tanggap bencana, serta bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dengan membentuk Juru Pemantau Listrik (Jumantrik) di tingkat kelurahan.
(atk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0617 seconds (0.1#10.140)