Pameran Karya Kreatif Indonesia Hasilkan Komiten Pembiayaan Rp4,71 Miliar

Selasa, 13 Oktober 2020 - 02:00 WIB
loading...
Pameran Karya Kreatif Indonesia Hasilkan Komiten Pembiayaan Rp4,71 Miliar
Sebanyak 18 UMKM yang mengikuti pameran KKI 2020 seri II mendapat komitmen pembiayaan Rp4,71 miliar dari lembaga keuangan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri II yang digelar pada 7-9 Oktober 2020 lalu berhasil mempertemukan 18 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan empat lembaga keuangan melalui one on one meeting business matching. Komitmen pembiayaan yang dihasilkan dari pertemuan itu mencapai Rp4,71 miliar.

(Baca Juga: Dekranasda Sulsel Dukung Pameran KKI Bank Indonesia Seri Kedua)

Selain business matching, business coaching juga diselenggarakan guna meningkatkan kapasitas UMKM agar terhubung dengan ekosistem digital (onboarding), ekspor, dan terkait perlindungan konsumen, dengan jumlah peserta dan partisipan sebanyak 816 orang.

Selama pelaksanaan pameran KKI Seri II, tercatat omzet penjualan produk UMKM yang terdiri dari kain, kerajinan, makanan dan minuman mencapai sebesar Rp3,79 miliar.

"Jika dijumlahkan, omzet penjualan UMKM dari Pameran KKI seri I dan II adalah sebesar Rp8,65 miliar," ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako di Jakarta, Selasa (12/10/2020).

Pameran KKI merupakan rangkaian pagelaran tahunan yang menampilkan produk-produk UMKM binaan BI, dengan bersinergi bersama kementerian/lembaga dalam pengembangan UMKM.

(Baca Juga: Diminati Pembeli Singapura Hingga Italia, UMKM Raup Omzet Rp4,86 M di Ajang KKI 2020)

BI akan kembali menggelar Pameran KKI Seri III bertajuk "Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial" di bulan November 2020. Masyarakat yang ingin melihat produk UMKM binaan BI tersebut dapat melihat katalog yang disiapkan pada laman KKI www.karyakreatifindonesia.co.id.

"BI akan selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan UMKM agar dapat menjadi tulang punggung perekonomian daerah dan nasional, serta bersinergi dengan berbagai kementerian dan lembaga," tambah Onny.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2747 seconds (0.1#10.140)