Juara Nih! Sembilan Tahun Defisit, Transaksi Berjalan Mulai Surplus

Rabu, 14 Oktober 2020 - 09:12 WIB
loading...
Juara Nih! Sembilan Tahun Defisit, Transaksi Berjalan Mulai Surplus
Bank Indonesia optimistis RI tidak lagi mengalami defisit transaksi berjalan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia optimistis defisit transaksi berjalan pada kuartal III/2020 akan mencapai kondisi surplus. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyatakan surplus ini dipengaruhi oleh perbaikan di sisi ekspor dan penyesuaian impor sejalan dengan permintaan domestik yang belum kuat.

"Dengan prospek surplus neraca transaksi berjalan tersebut dan surplus neraca finansial," ujar Perry dalam video virtual, Rabu (14/10/2020).

Dia melanjutkan inflasi tetap rendah sejalan permintaan yang belum kuat dan pasokan yang memadai. Indeks Harga Konsumen (IHK) pada September 2020 tercatat deflasi 0,05% (month to month/mtm) sehingga inflasi IHK sampai September 2020 tercatat 0,89% (year to date/ytd).

"Secara tahunan, inflasi IHK tercatat rendah yakni sebesar 1,42% (year on year/yoy), meskipun lebih tinggi dari inflasi Agustus 2020 sebesar 1,32% (yoy). Inflasi yang rendah dipengaruhi turunnya inflasi inti sejalan permintaan domestik yang belum kuat serta konsistensi Bank Indonesia mengarahkan ekspektasi inflasi dalam kisaran target dan menjaga stabilitas nilai tukar," jelasnya.



Sebagai informasi, sudah sembilan tahun lamanya RI selalu defisit di transaksi berjalan (Current Account Deficit/CAD). Adapun surplus transaksi berjalan RI pernah terjadi pada kuartal III/2011. Selepas itu, transaksi berjalan selalu defisit.

Kondisi surplus ini akan mendukung ketahanan sektor eksternal. Adapun, surplus ini dibayangi oleh adanya aliran keluar portofolio asing sebesar USD,124 miliar. Namun, aliran dana masuk mulai kembali pada Oktober ini, sebesar USD330 juta. Ke depan, defisit transaksi berjalan keseluruhan tahun 2020 diprakirakan tetap rendah, di bawah 1,5% dari PDB, sehingga terus mendukung ketahanan sektor eksternal.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1907 seconds (0.1#10.140)