Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

loading...
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia
Berwisata dengan kapal pesiar adalah salah satu aktivitas wisata populer di dunia saat ini. Perputaran uang di pelabuhan kapal pesiar pun sangat besar untuk menambah devisa negara. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
BERWISATA dengan kapal pesiar adalah salah satu aktivitas wisata populer di dunia saat ini. Biasanya perjalanan dengan kapal pesiar akan transit dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain.

Pelabuhan yang menerima kapal pesiar lazim dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk memastikan bahwa para penumpang kapal pesiar merasa nyaman. Pelabuhan kapal pesiar juga penting bagi perekonomian lokal karena memberikan peluang kerja bagi banyak orang dan menghasilkan devisa dari belanja wisatawan. (Baca juga: Gara-Gara Corona, Kapal-Kapal Pesiar 'Dikiloin' Jadi Besi Tua)

Dari banyak pelabuhan, berikut 10 pelabuhan kapal pesiar tersibuk di dunia. (Baca juga: 7 Jalur Transportasi Laut Paling Penting di Dunia)

1. Pelabuhan Miami (Amerika Serikat)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 4,9 juta
Terletak di Biscayne Bay di Miami, Florida, Amerika Serikat (AS), Pelabuhan Miami adalah pelabuhan kapal pesiar tersibuk di dunia. Pelabuhan ini juga dilengkapi Port Boulevard, jalan lintas yang menghubungkan pelabuhan ke Pusat Kota Miami. Itu juga terhubung ke Pulau Watson melalui Terowongan PortMiami.



Karena volume lalu lintas yang besar, baik penumpang maupun kargo, PortMiami memiliki dampak signifikan terhadap perekonomian Miami. Itu juga menyumbang 176.000 pekerjaan. Terminal kapal pesiar Pelabuhan Miami termasuk yang paling modern di dunia. (Baca juga: Di Inter Miami, Gonzalo Higuain Siap Bungkam para Peragu)

2. Pelabuhan Canaveral (AS)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 4,2 juta
Pelabuhan kapal pesiar tersibuk kedua di dunia juga terletak di AS yakni Pelabuhan Canaveral di Brevard County, Florida. Tempat ini juga berfungsi sebagai pelabuhan kargo dan angkatan laut. (Baca juga: Universal Studio Orlando Menjadi Taman Bermain Pertama yang Dibuka Kembali Setelah Pandemi)

Pelabuhan ini menerima lebih dari 4,2 juta penumpang kapal pesiar pada 2016-2017. Rata-rata 10 kapal memasuki pelabuhan setiap hari termasuk dari jalur pelayaran terkenal seperti Disney, Royal Caribbean, Karnaval, dan lainnya.



3. Pelabuhan Everglades (AS)
Harumnya Devisa dari Pelabuhan Kapal Pesiar Tersibuk di Dunia

Jumlah penumpang kapal pesiar (2016/2017) : 3,8 juta
Port Everglades terletak di Broward County, Fort Lauderdale, Florida. Ini berfungsi sebagai pintu gerbang liburan kapal pesiar dan perdagangan internasional. Pada tahun 2016-2017, Pelabuhan Everglades menerima lebih dari 3,8 juta penumpang kapal pesiar.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top