Uji Coba Vaksin Merah Putih Telan Dana Rp40 Miliar

Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:38 WIB
loading...
Uji Coba Vaksin Merah Putih Telan Dana Rp40 Miliar
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah memperkirakan anggaran per uji klinis vaksin Merah Putih sebesar Rp30 miliar-Rp40 miliar. Dengan begitu akan ada ratusan miliar yang nantinya digelontorkan pemerintah bila dikalikan dengan jumlah kandidat vaksin yang diuji coba.

"Mungkin lebih besar nanti kalau sudah uji klinis. Per uji klinis bisa Rp30-40 miliar, nilai ini bisa dikalikan jumlah vaksin yang diuji," ujar Menteri Riset dan Teknologi atau Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro dalam Webinar, Jakarta, Selasa (20/10/2020).

( )

Bambang mengutarakan, pemerintah telah menyiapkan anggaran tersebut. Untuk tahap awal, pemerintah sudah menggelontorkan sebesar Rp10 miliar. Anggaran itu digunakan untuk riset dan pengembangan vaksin Merah Putih yang dilakukan di laboratorium Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Di mana, Eijkman menggunakan dana tersebut untuk tahapan finalisasi pengujian pada hewan atau sebelum melangkah ke uji vaksin Merah Putih pada manusia.

Pada kesempatan itu, dalam proses pembuatan vaksin Merah Putih, pemerintah melibatkan sejumlah lembaga dan institusi perguruan tinggi di dalam negeri.



Tercatat ada enam institusi dan lembaga yang bergabung dalam tahapan awal produksi vaksin Merah Putih. Keenam institusi tersebut mengembangkan vaksin dengan platform dan metode masing-masing.

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, misalnya, mengembangkan vaksin Merah Putih dengan dua platform yaitu subunit protein rekombinan dan inactivated virus. Kemudian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bertugas mengembangkan vaksin dengan platform protein rekombinan fusi.

Sementara perguruan tinggi yang terlibat adalah Universitas Indonesia (UI) yang mengembangkan vaksin dengan platform DNA, mRNA, dan virus-like-particles. Institut Teknologi Bandung mengembangkan vaksin dengan platform adenovirus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2404 seconds (0.1#10.140)