Festival Kewirausahaan Astra Dorong Sepatu Kulit Ceker Ayam Tembus Dunia

Rabu, 21 Oktober 2020 - 20:25 WIB
loading...
Festival Kewirausahaan Astra Dorong Sepatu Kulit Ceker Ayam Tembus Dunia
Siapa sangka berawal dari Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards tahun 2019, hasil karya dari Nurman Farieka Ramdhany berupa sepatu dari kulit ceker ayam kini menembus pasar dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Siapa sangka berawal dari sebuah apresiasi bernama Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia (SATU Indonesia) Awards tahun 2019 dari Astra, hasil karya dari Nurman Farieka Ramdhany berupa sepatu dari kulit ceker ayam kini menembus pasar dunia. Sebagai salah satu wirausahawan muda, Nurman berbagi pengalamannya.

Perjalanan bisnis Nurman disampaikan pada webinar sebagai rangkaian Festival Kewirausahaan Astra dengan tema How to Build an Impactful Business yang diadakan secara virtual pada hari ini, Rabu (21/10/2020). Webinar juga diisi oleh Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) Sigit Kumala dan wirausahawan sekaligus content creator Arief Muhammad.

(Baca Juga: Kembangkan Inovasi, Astra Tetapkan 23 Finalis yang Inspiratif )

Festival ini merupakan salah satu bentuk nyata dari empat pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra yaitu kewirausahaan. Hingga saat ini, Grup Astra membina sekitar 12.873 UMKM binaan.

Turut hadir untuk memberikan keynote speech Menteri Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah RI Teten Masduki, sekaligus untuk menyaksikan penandatanganan perjanjian Memorandum of Understanding (MoU) antara Astra dan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah RI.

Lalu dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama terkait pengembangan Desa Sejahtera Astra klaster kopi dan pengembangan digitalisasi koperasi.

"Selamat kepada para peserta pelatihan yang sudah mengikuti pembinaan oleh Astra. Saya kira ini sangat penting di masa pandemi COVID-19 ini, pembangunan SDM adalah kunci kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. SDM unggul tentunya memiliki korelasi erat dengan peningkatan produktivitas kerja dalam memenangkan persaingan pasar," ujar Menteri Teten.

(Baca Juga: Meski Booming, Astra Tak Latah Hidupkan Kembali Bisnis Sepedanya )

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata usaha Astra dalam melakukan pembinaan kewirausahaan bagi UMKM yang ada di Indonesia. Tentunya hal ini sesuai dengan butir pertama filosofi Astra Catur Dharma, yakni Menjadi Aset yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara," ujar Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah.

Berbagai lomba dan kegiatan juga diadakan dalam rangka festival ini. Seperti pameran produk UMKM virtual, lomba inovasi bisnis sederhana dan disabilitas, lomba foto barang UMKM, workshop digital marketing dan foto produk, pengumuman Astra Startup Challenge (ASC) serta peluncuran Koperasi AKU BISA dan Komunitas Insan Madani. Finalis ASC terpilih akan mendapatkan pendanaan dari Astra Ventura.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)