Jaga Urusan Perut dan Inflasi, Menko Airlangga Pastikan Cadangan Beras Aman

loading...
Jaga Urusan Perut dan Inflasi, Menko Airlangga Pastikan Cadangan Beras Aman
Menko Airlangga Hartarto menjamin pemenuhan kebutuhan logistik daerah yang terpapar covid-19, di samping juga terus menjaga Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tetap aman. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerangkan, pemerintah menjamin pemenuhan kebutuhan logistik daerah yang terpapar covid-19. Lebih lanjut terang dia, pemerintah pusat dan daerah terus mendorong stimulus ekonomi melalui berbagai jenis bantuan sosial (bansos) untuk tetap menjaga daya beli masyarakat.

"Pada aspek ketersediaan pasokan, pemerintah menjamin pemenuhan kebutuhan logistik daerah yang terpapar covid-19, di samping juga terus menjaga Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tetap aman bagi kebutuhan masyarakat sehingga tidak akan terjadi gejolak harga," kata Airlangga di Jakarta, Jumat (23/10/2020).

(Baca Juga: Asia Lumbung Beras Dunia, Ternyata Indonesia Urutan Ketiga)

Dia pun menyampaikan, beberapa capaian penting pengendalian inflasi di 2019, serta tantangan pengendalian inflasi ke depan, utamanya di masa pandemi dan pascapandemi Covid-19.



“Sebelumnya, kita telah berhasil menjaga level inflasi selama lima tahun terakhir pada kisaran 3,0% dan terjaga dalam sasaran nasional dengan laju inflasi pada 2019 sebesar 2,72% (year on year/yoy), lebih rendah daripada 2018 sebesar 3,13% (yoy). Namun, realisasi inflasi pada September 2020 masih menunjukkan perlambatan 1,42% (yoy), sejalan dengan permintaan domestik yang masih lemah di tengah pandemi covid-19,” ujarnya.

Inflasi yang rendah ini dipengaruhi turunnya inflasi inti, akibat permintaan domestik yang masih lemah. Inflasi komponen volatile food yang masih rendah dipengaruhi berlanjutnya penurunan harga bahan pangan seiring pasokan yang terjaga dan minimnya ganguan distribusi.

"Sementara, komponen administered prices melambat terutama didorong berlanjutnya penurunan tarif angkutan udara dan kebijakan energi yang akomodatif," katanya.



(Baca Juga: Belum Juga Ditanam, Mentan Sudah Mikir Penjualan Beras dari Lumbung Pangan)
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top