Libur Panjang, Lonjakan Penumpang Kereta Api Bakal Terjadi di 3 Stasiun Ini

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 20:54 WIB
loading...
Libur Panjang, Lonjakan Penumpang Kereta Api Bakal Terjadi di 3 Stasiun Ini
Jelang libur panjang, PT KAI menambah perjalanan kereta api (KA) Jarak Jauh. Foto/Dok SINDOphoto/Eko Purwanto
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi lonjakan penumpang pada libur panjang yang dimulai 28 Oktober akan terjadi pada tiga stasiun utama yakni Stasiun Bandung, Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan, pemudik kemungkinan akan memanfaatkan perjalanan sehari sebelum hari libur Maulid pada 27 Oktober 2020.

Prediksi jumlah penumpang pada 27 Oktober 2020 mencapai sebanyak 13.448 penumpang. Sedangkan pada 28 Oktober mencapai 14.837 penumpang.

“Puncaknya itu ada pada keberangkatan di tiga stasiun, yakni Stasiun Bandung, Gambir dan Pasar Senen. Prediksi kita di angka 13.448 penumpang per 27 Oktober dan 14.837 penumpang pada 28 Oktober 2020. Adapun data lonjakan penumpang ini berdasarkan penjualan tiket per hari ini,” ujarnya di Jakarta, Jumat (23/10/2020).

( )

Sedangkan lonjakan penumpang pada arus balik diperkirakan terjadi di stasiun Malang, Jogja, Surabaya Gubeng serta Stasiun Surabaya Pasarturi.

Antisipasi lonjakan penumpang dilakukan dengan memaksimalkan stampformasi, menyiapkan kereta api tambahan di sejumlah stasiun, menambah petugas keamanan di stasiun maupun di dalam KA untuk memperketat protokol kesehatan serta menyiapkan perjalanan KA lokal selama masa liburan dengan jumlah frekuensi sebanyak 177 frekuensi.

“Antisipasi juga telah kami lakukan diantaranya mengendalikan jumlah perjalanan kereta dan menjamin protokol kesehatan tetap terjaga, termasuk mengantisipasi adanya kerumunan,” ungkap dia.

Total Kereta Api penumpang jarak jauh wilayah Jawa yang dioperasikan sebanyak 32 kereta. Adapun kereta lokal penumpang yang dioperasikan sebanyak 15 kereta.

( )

Sedangkan kereta penumpang jarak jauh Sumatera yang dioperasikan sebanyak 3 kereta dengan jumlah kereta lokal dioperasikan juga sebanyak tiga kereta.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)