Kawasan Industri Halal One-Stop Service Siap Menyapa Banten dan Sidoarjo

Rabu, 28 Oktober 2020 - 17:30 WIB
loading...
Kawasan Industri Halal One-Stop Service Siap Menyapa Banten dan Sidoarjo
Dalam rangka mendukung ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, Wakil Presiden RI Maruf Amin mengatakan, bahwa Menperin sudah membangun dua kawasan industri halal (KIH). Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dalam rangka mendukung ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mengatakan, bahwa Menteri Perindustrian (Menperin) sudah membangun dua kawasan industri halal (KIH) . Kawasan yang pertama adalah Modern Cikande Industrial Estate di Serang, Banten dan yang kedua adalah Safe N Lock Halal Industrial Park di daerah Sidoarjo.

"Sedikitnya ada 6 pengajuan pembangunan KIH di beberapa daerah yang sedang dalam perencanaan," ujar Ma'ruf Amin dalam webinar Jakarta Post di Jakarta, Rabu (28/10/2020).

(Baca Juga: Ma'ruf Amin Menyayangkan Pengembangan Ekonomi Syariah Masih Jauh dari Potensi )

Dia mengatakan, layanan KIH ini adalah layanan sertifikasi halal yang akan dilakukan melalui One-Stop Service. Kendati demikian, sukses tidaknya upaya pengembangan ekonomi dan keuangan syariah bergantung pada para pelaku bisnis itu sendiri.

"Maka dari itu, perlu dibangun pusat inkubasi untuk para entrepreneur atau wirausahawan syariah di beberapa daerah sebagai pusat-pusat mutu dan pengembangan," ungkapnya.

(Baca Juga: Dorong Industri Halal Nasional Mendunia, Ribuan UMKM Dilatih dan Diberi Sertifikasi )

Ditambah lagi menurutnya, perlu membangun pusat-pusat bisnis syariah yang didukung oleh infrastruktur digital sebagai alat interaksi dan transaksi antar pihak dalam bisnis syariah. "Kami juga terus memperkuat industri-industri kecil yang telah memproduksi produk halal dengan meningkatkan ekosistem mereka, termasuk dalam hal pendanaan dan institusi," tambah Ma'ruf.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)