Jokowi Wanti-wanti Ekonomi 2021 Jangan Sampai Nyungsep

Senin, 02 November 2020 - 16:48 WIB
loading...
Jokowi Wanti-wanti Ekonomi 2021 Jangan Sampai Nyungsep
Presiden RI Joko Widodo. Foto/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta menteri dan kepala lembaga untuk memerintahkan jajarannya menyiapkan strategi peningkatan pertumbuhan di ekonomi tahun depan. Hal ini dilakukan bersamaan dengan pemaksimalan belanja di kuartal IV 2020.

"Kalau kuartal IV sudah terselesaikan, semuanya maksimal membelanjakan anggarannya, hati-hati tolong disampaikan kepada dirjen, direktur dan di seluruh jajaran yang bapak ibu pimpin, kuartal IV bisa maksimal tapi hati-hati di kuartal yang pertama 2021 juga harus mulai di start dari sekarang," katanya saat membuka sidang kabinet paripurna, Senin (2/11/2020).



Dia ingin agar setelah kementerian/lembaga menerima daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) langsung dilaksanakan lelang. Sehingga setelah kuartal IV berakhir, kuartal I 2021 tidak stagnan. "Sehingga nantinya kita harapkan bulan Januari, Februari, Maret tidak stuck, setelah (kuartal) ke-IV langsung drop. Kita harapkan kuartal I ada ungkitan untuk naik," ujarnya.



Jokowi ingin agar belanja di kuartal I 2021 didesain sejak sekarang. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Januari adalah bantuan sosial (bansos). "Agar kegiatan itu dimulai di bulan Januari. Terutama yang paling cepat adalah bansos mulai disiapkan. Sehingga Januari sudah bisa berjalan. Yang belanja-belanja modal terutama infrastruktur baik di Kementerian PUPR, Kemenhub dan kementerian yang lain bisa digiring untuk segera mulai," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)