Kemenangan Biden Mulai Terlihat dan Disukai Pasar, Kurs Rupiah Diprediksi Melemah

Kamis, 05 November 2020 - 09:08 WIB
loading...
Kemenangan Biden Mulai Terlihat dan Disukai Pasar, Kurs Rupiah Diprediksi Melemah
Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diprediksi melemah tipis menunggu hasil pemilihan presiden Amerika Serikat (Pilpres AS), dimana menurut pengamat kemenangan Biden mulai terlihat. Foto/SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) diprediksi melemah tipis menunggu hasil pemilihan presiden Amerika Serikat (Pilpres AS). Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, kemenangan Biden sudah mulai terlihat setelah hasil perhitungan suara di Wisconsin dan Michigan lebih condong ke Biden.

"Pagi ini indeks saham Asia positif kemungkinan karena menanggapi hasil ini, karena Demokrat lebih disukai pasar dalam pemilu kali ini," kata Ariston di Jakarta, Kamis (4/10/2020).

(Baca Juga: Menanti Hasil Pilpres AS, Awas Rupiah Bisa Goyang )

Kata dia, perhitungan masih jalan dan kemungkinan akan keluar hasil yang ketat. Banyaknya surat suara yang dikirim melalui pos juga menambah lama perhitungan.

(Baca Juga: Jika Biden Menang, RI Bakal Kebanjiran Modal Asing )

Selain itu, hasil juga akan semakin lama karena partai pendukung Donald Trump berencana melakukan gugatan hukum terhadap perhitungan suara bila hasilnya kemenangan tipis untuk lawan.

"Ini akan menambah ketidakpastian di pasar dan dollar AS masih bisa menguat lagi karena ketidakpastian tersebut. Rupiah mungkin bergerak melemah tipis terhadap dollar AS hari ini dengan potensi di kisaran Rp14.520 hingga Rp14.600 per USD," tandasnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)