Ekonomi RI Resesi Gara-gara Horang Kayah Belum Jorjoran Belanja

Kamis, 05 November 2020 - 15:14 WIB
loading...
Ekonomi RI Resesi Gara-gara Horang Kayah Belum Jorjoran Belanja
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ekonomi Indonesia mulai menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Meskipun pada kuartal III-2020 ekonomi Indonesia minus 3,49% secara tahunan (year on year/yoy) sekaligus secara resmi mengalami resesi .

Salah satu tanda perbaikan adalah mulai naiknya konsumsi rumah tangga secara umum. Sayangnya, untuk konsumsi rumah tangga kelas menengah masih tertahan dan terbatas. ( Baca juga:Minus 3,49%, Sri Mulyani Sebut Ekonomi Kuartal III Membaik karena Belanja Pemerintah )

“Konsumsi rumah tangga dari kelas menengah atas masih terbatas,”ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/11/2020).

Menurut Sri Mulyani terbatasnya konsumsi rumah tangga kelas menengah atas karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Sedangkan karakter dari konsumsi kelas menengah atas didominasi oleh barang dan jasa.

“Ini dikarenakan kondisi dari covid belum berakhir. Dan karakter dari konsumsi menengah atas didominasi oleh barang dan jasa yang sensitif terhadap mobilitas dengan adanya Covid sehingga mobilitas terbatas. Jadi, konsumsi kelas menengah atas menjadi tertahan,” jelasnya.

Namun menurut Sri Mulyani, secara keseluruhan pengeluaran rumah tangga menunjukan tren perbaikan. Sebelumnya konsumsi rumah tanggan mengalami kontraksi -5,5% di triwulan II-2020 menjadi -4,0% di triwulan III-2020. ( Baca juga:Anies Sebut Lonjakan Klaster Libur Panjang Baru Terasa 2 Pekan Kemudian )

“Dari sisi pengeluaran konsumsi rumah tangga menunjukan tren perbaikan di triwulan III, yang sebelumnya pada triwulan II mengalami -5,5%. Pada triwulan III telah menunjukan perbaikan di angka -4,0%. Ini dudukung oleh belanja pemerintah dalam rangka perlindungan sosial yang meningkat sangat tajam,” jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)