RI Nyemplung ke Jurang Resesi, Kepala Bappenas: Kita Syukuri

loading...
RI Nyemplung ke Jurang Resesi, Kepala Bappenas: Kita Syukuri
Kepala Bappenas Suharso Manoarfa. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan meskipun RI resesi akan tetapi perlu disyukuri. Pasalnya, kontraksi ekonomi sebesar 3,49 persen (year on year/yoy) relatif lebih baik dibandingkan produk domestik bruto (PDB) di kuartal II 2020 mengalami kontraksi minus 5,3 %. Hal itu mengindikasikan jalur pemulihan ekonomi sudah tepat.

"Mesti kita syukuri karena ada kemajuan dan optimisme harus terbangun karena menunjukkan bahwa proses adaptasi ekonomi dalam keadaan pandemi ini sudah baik," kata dia saat memberikan keterangan resmi melalui akun resmi YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (5/11/2020).

Baca Juga: Ngelus Dada, Resesi Bikin Gaji Karyawan RI Dipotong

Menurut dia rata - rata pertumbuhan ekonomi lebih baik dibandingkan negara lain. Bahkan pihaknya mengklaim Indonesia lebih baik dibandingkan dari negara tetangga di ASEAN. Perbaikan ekonomi yang telah berada di jalur positif karena penanganan pandemi di respon dengan baik dan cepat oleh pemerintah.



RI Nyemplung ke Jurang Resesi, Kepala Bappenas: Kita Syukuri


"Kebijakan yang diambil responsif dan adaptif terhadap perkembangan tidak hanya kesehatan tapi juga ekonomi. Kedua hal itu sudah dilakukan dengan baik," jelasnya. Pihaknya optimistis pada kuartal IV 2020 tren pertumbuhan ekonomi akan lebih baik dibandingkan kuartal sebelumnya. "Mudah-mudahan akhir tahun pertumbuhan ekonomi mendekati nol persen bahkan di atasnya," jelasnya.
(nng)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top