Kiat Bisnis Bagi UKM Ala CISCO, Inovasi Teknologi Agar Selamat dari Pandemi

Jum'at, 06 November 2020 - 21:59 WIB
loading...
Kiat Bisnis Bagi UKM Ala CISCO, Inovasi Teknologi Agar Selamat dari Pandemi
Kalangan industri usaha terus dituntut untuk melakukan inovasi dalam usahanya agar dapat bertahan dan bersaing di masa adaptasi kebiasaan baru serta era transformasi digital. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah memukul seluruh sektor kehidupan. Tidak hanya kehidupan masyarakat dan perekonomian yang terdampak, namun juga perubahan perilaku dan kegiatan usaha serta peluang bisnis .

Sementara, kalangan industri usaha terus dituntut untuk melakukan inovasi dalam usahanya agar dapat bertahan dan bersaing di masa adaptasi kebiasaan baru serta era transformasi digital .

(Baca Juga: Adaptasi atau Mati! Transformasi Digital Jadi Keharusan di Dunia Bisnis )

Keadaan saat ini memang berat, transformasi digital pun menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari, termasuk di dunia UKM. Para pelaku UKM pun perlu mempersiapkan solusi untuk akselerasi transformasi digital. UKM tidak bisa bekerja sendirian demi mewujudkan digitalisasi.

Perlu kolaborasi antar pihak, termasuk pemerintah dan penyedia layanan teknologi. Cisco sebagai penyedia layanan teknologi, telah memiliki beberapa inisiatif, mulai dari pelatihan talenta digital, hingga di bidang teknologinya.

Lalu apa saja yang harus dilakukan para pelaku UKM di kala memasuki masa masa adaptasi kebiasaan baru ini terlebih di era transformasi digital? Cisco membagikan 3 tips cara agar UKM bisa menemukan inovasi terbaru yang membawa hasil bisnis positif.

1. Sediakan Platform Komunikasi Virtual yang Tepat

Masa depan pekerjaan salah satunya memang bicara soal komunikasi virtual yang mumpuni antar tim. Sebuah unit usaha harus dapat memastikan karyawan memiliki alat digital yang mereka butuhkan untuk bekerja secara produktif dan aman, berkomunikasi dengan tanpa gangguan di mana pun mereka berada.

Membangun komunikasi untuk bekerja dari mana saja adalah tentang bagaimana kita tetap terhubung dengan tim kita dan bagaimana kita terus berkolaborasi dalam pekerjaan.

(Baca Juga: Nadiem Makarim: Satu-satunya yang Pasti Soal Masa Depan Adalah Ketidakpastian )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1422 seconds (0.1#10.140)