Empat Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Asuransi di Saat Pandemi

Senin, 09 November 2020 - 20:30 WIB
loading...
Empat Tips yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Asuransi di Saat Pandemi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kesadaran akan pentingnya kesehatan di masa pandemi membuat masyarakat mulai menyadari pula pentingnya memproteksi diri dengan asuransi kesehatan . Pasalnya, seseorang tetap memiliki risiko terkena virus Covid-19 saat menjalankan rutinitas sehari-hari.

Dan untuk menghadapi risiko tersebut, mereka berpikir pentingnya proteksi kesehatan dan perlu melakukan perlindungan kesehatan diri melalui produk asuransi. Memang, memiliki asuransi kesehatan pada masa pandemi merupakan pilihan yang tepat karena paparan virus corona dapat terjadi kapan saja, di mana saja dan kepada siapa saja. ( Baca juga:Waspada Kecemasan Sosial saat Pandemi COVID-19 )

Sementara itu data organisasi kesehatan dunia (WHO) menunjukkan, inflasi atau kenaikan biaya kesehatan yang terjadi di Indonesia mencapai 36% per tahun dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Angka ini, tentunya lebih tinggi dibandingkan inflasi harga rata-rata di Indonesia yang masih berkisar 10% per tahun.

Dikutip dari laman agenasuransi.co.id,menyebutkan bahwa asuransi kesehatan swasta masih dibutuhkan di Indonesia karena bermanfaat untuk mendapatkan akses layanan langsung. Salah satu asuransi yang saat ini banyak diminati adalah Asuransi Kesehatan Prudential yang memberikan jaminan perlindungan asuransi kesehatan kepada masyarakat di Indonesia.

Di samping itu, polis asuransi kesehatan swasta bisa memberikan layanan lebih cepat dan nyaman untuk pasien. Dan juga asuransi kesehatan swasta diperlukan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang optimal bagi pasien yang sedang sakit.

Ada empat langkah yang patut diperhatikan jika Anda berniat ikut polis asuransi di saat pandemi Covid-19. Yang pertama, sebaiknya ikut asuransi pada saat masih sehat.

Seringkali kita menunda-nunda untuk ikut polis asuransi pada saat kita merasa masih sehat, meski kita sebenarnya menyadari bahwa asuransi tersebut sangat penting untuk memberikan perlindungan biaya kesehatan yang optimal atas suatu musibah yang terjadi. Akan lebih tenang jika saat terpapar virus corona maka asuransi yang kita miliki sudah bisa men-cover semua biaya pengobatan.

Kedua, sebaiknya memilih asuransi sesuai kebutuhan. Seperti halnya saat pandemi seperti sekarang ini, alangkah bijaksana jika mengambil asuransi kesehatan berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan, dan asuransi kesehatan adalah pilihan yang terbaik untuk masa pandemi. ( Baca juga:Bandara Dilindungi Sesuai Protap, Kedatangan Habib Rizieq Akan Berjalan Lancar )

Ketiga, perhatikan polis asuransi secara seksama sebelum mengambil asuransi. Yang sering kita lewatkan adalah membaca polis, padahal berdasarkan polis itu kita bisa mengetahui berbagai kewajiban dan hak sebagai nasabah asuransi.

Yang terakhir yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah jangan terperdaya dengan harga polis asuransi yang murah. Kita jangan sampai terperdaya dengan asuransi premi murah. Karena bisa saja ada beberapa jenis penyakit yang tidak di-back up atau layanan kesehatan yang kurang maksimal.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)