Desain Rumah Tropis Tidak Ada Matinya

Rabu, 18 November 2020 - 14:15 WIB
loading...
Desain Rumah Tropis Tidak Ada Matinya
Rumah tidak lagi difungsikan hanya sebagai tempat tinggal, tempat berkumpul bersama keluarga, dan berteduh. Namun sudah menjadi prestise dan gaya hidup. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Rumah tidak lagi difungsikan hanya sebagai tempat tinggal, tempat berkumpul bersama keluarga, dan berteduh. Namun sudah menjadi prestise dan gaya hidup. Dalam dekorasi interior, tampilan gaya tropis masih menjadi pilihan yang sering dilirik untuk hunian.

Dekorasi yang santai dan hangat dengan menggunakan warna alam dan tekstur dingin membuat interior ruangan menjadi unik dan memberikan tema lingkungan yang santai. Beberapa aksesori tropis yang sering digunakan dalam rangkaian adalah bunga anggrek dan kembang sepatu serta tirai yang berwarna cerah. (Baca: Niatkan Aktivitas Sehari-hari Bernilai Pahala)

“Hal yang perlu disiapkan dalam menata dekorasi bertema tropis, yaitu mulai dari penggunaan cat tembok atau wallpaper, aksesori yang artistik, mural, dan yang lainnya,” papar salah satu desainer interior Denny Setiawan.

Dalam mendekorasi rumah bertema yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana penggunaan serta dekoratif interior rumah yang ramah lingkungan. Rumah yang bertema tropis mampu berperan seimbang dalam kondisi saat ini, karena menggunakan media yang ramah lingkungan, seperti bambu, kayu, dan sebagainya. Untuk halaman dan teras tropis biasanya ditanami tumbuh-tumbuhan dan tanaman hias.

“Untuk warna yang digunakan, dalam hunian bergaya tropis sebaiknya pilih corak warna biru atau kombinasi warna biru hijau gelap, dan hijau. Akan lebih baik jika mempersiapkan tirai bambu untuk mempercantik ruangan,” tambah Denny.

Karena bertemakan tropis, desain rumah yang sederhana akan terlihat cantik apabila dihiasi dengan dekorasi pohon kecil untuk menghiasi interior rumah. Sekarang terserah Anda, apakah ingin menggunakan tanaman asli atau tiruan untuk melengkapi hunian tropis Anda. (Baca juga: Kemendikbud Pastikan Bantuan Subsidi Upah Guru dan Dosen Disalurkan Bulan Ini)

Beberapa karakteristik tropis lainnya, yaitu Anda bisa menggunakan ornamen burung tropis dan hewan seperti monyet dan harimau. Jika Anda berencana untuk mendekorasi seluruh ruangan dengan gaya tropis, pemilihan wallpaper bermotif alam bambu akan sangat memberikan kesan kuat tropis pada ruangan.

Tirai bambu untuk jendela akan mempercantik ruangan yang bergaya tropis. Keberadaan aksesori ini bisa membuat udara segar tetap masuk ke dalam rumah dan cahaya juga tetap masuk lewat sela-sela tirai. Suasana seperti ini bisa memberikan kesan nyaman untuk penghuni rumah yang menyenangi keindahan alam tropis.

“Penambahan ornamen seperti lukisan yang menggambarkan alam tropis bisa menambah ruangan seperti menyatu dengan alam,” lanjut Denny.

Pemilihan furnitur juga harus bertema alam. Sebaiknya pilih kayu tropis alami seperti rotan, jati, dan bambu serta bisa juga menggunakan manik-manik yang berwarna. Dekorasi sebaiknya dipilih secara detail yang bertema tropis seperti pada pemilihan warna kap lampu, bisa menggunakan warna cerah ataupun warna natural seperti hijau daun, cokelat tanah, biru laut, begitu juga untuk pemilihan warna sofa dan furnitur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3517 seconds (0.1#10.140)