Wah Keren Neh, Indonesia Bisa Jadi Fondasi Pertumbuhan Ekonomi Global

Kamis, 19 November 2020 - 15:02 WIB
loading...
Wah Keren Neh, Indonesia Bisa Jadi Fondasi Pertumbuhan Ekonomi Global
Indonesia bisa menjadi fondasi pertumbuhan ekonomi gelobal. Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA-Dunia bisnis dan pemerintah ditantang untuk mengatasi pandemi Covid-19 secara tepat, cepat dan adaptif untuk membangun pemulihan ekonomi dan juga sosial. Dalam hal ini, kerja sama global menjadi kunci untuk mendorong kerja sama ekonomi dan pembangunan berkelanjutan sebagai fondasi pemulihan yang kuat.

Ketua APEC Business Advisory Council (ABAC) Indonesia Anindya Bakrie menekankan pentingnya peran Indonesia terhadap integrasi ekonomi di kawasan Asia-Pasifik. Indonesia sebagai negara dengan ekonomi terbesar di ASEAN dengan potensi pertumbuhan yang tinggi dalam jangka panjang akan menjadi fondasi pertumbuhan ekonomi global.

"Posisi Indonesia yang strategis dan terbuka untuk investasi asing dapat menjadi jembatan antara perang dagang yang terjadi Amerika Serikat dan China," ujarnya dalam jumpa pers virtual di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

(Baca juga:Beda dengan Krisis 98 dan 2008, Ekonomi Global Jadi Sulit Cepat Pulih)

Menurut dia, aktivitas supply chain dan manufaktur Indonesia saat ini masih relatif kecil. Namun, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi untuk bisa berkontribusi lebih besar dalam global supply chain sehingga stabilitas output dunia dapat lebih terjaga.

"Indonesia optimis untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang solid karena perbaikan fundamentalnya. Namun, penerapan kebijakan integrasi ekonomi regional melalui Free Trade Area of the Asia-Pacific (FTAAP) di dalam APEC akan mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia dan Asia-Pasifik secara keseluruhan," jelasnya.

Indonesia juga tercatat sebagai salah satu negara dengan adopsi e-commerce tercepat di tengah pertumbuhan ekonomi yang melambat. Sebagai pemimpin di Asia Tenggara dalam internet economy, Indonesia juga merupakan pasar smartphone terbesar keempat di dunia saat ini dengan pengguna ponsel sebanyak 142 juta orang.

Anindya menuturkan, pandemi ini telah membuka mata dan membuat masyarakat sadar jika konektivitas digital itu penting. Terkait hal ini, konektivitas digital itu penting dan harus menjadi prioritas untuk dunia di pasca pandemi.

"Potensi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia sangat besar dan banyak sektor yang berpotensi untuk berkembang, seperti pendidikan, kesehatan, dan energi terbarukan," ungkapnya.

Selanjutnya, Indonesia juga akan fokus pada pertumbuhan industri maju dan mendorong adopsi ekonomi digital sebagai sarana untuk mengatasi tantangan pandemi. Indonesia adalah tempat tumbuhnya 2.193 startup, dengan lima startup bernilai lebih dari USD 1 miliar. Namun demikian, potensi pertumbuhan sektor ekonomi digital Indonesia masih cukup besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0816 seconds (0.1#10.140)