Tenang! Meski Pandemi Melanda, Kondisi Perbankan Tetap Kokoh

Selasa, 24 November 2020 - 20:53 WIB
loading...
Tenang! Meski Pandemi Melanda, Kondisi Perbankan Tetap Kokoh
LPS memastikan kondisi perbankan dalam posisi kokok. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) optimistis tidak ada bank sistemik yang goyah ditengah pandemi Covid-19. Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, stabilitas sistem Keuangan masih sangat terjaga ditengah likuiditas perbankan yang memadai.

“Kami berdoa supaya tidak ada bank yang jatuh, namun pada dasarnya dalam jangka waktu pendek kita tidak melihat adanya kemungkinan itu terjadi. Apalagi kalau kita lihat data-data perbankan dan perekonomian cenderung membaik jadi saya optimis kedepan kita tidak menemukan hal tersebut,” jelas Purbaya dalam video virtual, Selasa (24/11/2020)

Meski begitu, pihaknya terus melakukan antisipasi dengan mempertimbangkan perkembangan arah suku bunga simpanan untuk mendukung bisnis perbankan nasional.

(Baca juga: Restrukrisasi Kredit Meningkat, Kondisi Perbankan Aman)

“Kami mempersiapkan langkah simulasi dan tugas yang diembankan kepada kami dari negara. Namun pada dasarnya peluang (bank gagal) itu kecil tapi secara organinasi kami siap,” bebernya.

Kata dia , dalam stabilitas sistem keuangan yang terjaga, masih diperlukan langkah sinergi bersama dengan otoritas sektor keuangan dan pemerintah untuk turut mendukung percepatan pemulihan perekonomian.

" Kita melihat perbankan Indonesia masih cukup terjaga di pandemi Covid-19," tandasnya.
(bai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3069 seconds (0.1#10.140)