Bansos Harus Cair Awal Januari 2021, Permintaan Khusus Jokowi ke Pak Mensos

Rabu, 25 November 2020 - 12:28 WIB
loading...
Bansos Harus Cair Awal Januari 2021, Permintaan Khusus Jokowi ke Pak Mensos
Presiden Jokowi secara khusus meminta Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara agar segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) di awal tahun 2021. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi ) secara khusus meminta Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara agar segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) di awal tahun 2021. Hal ini disampaikannya saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2021.

“Kemudian juga yang berkaitan dengan bantuan sosial. Ini pak Mensos, di awal Januari 2021 juga harus segera diberikan kepada penerima manfaat, kepada masyarakat,” kata Jokowi di Istana Negara, Rabu (25/11/2020).

(Baca Juga: Anggaran Rp2.750 Triliun Disiapkan untuk Tahun Depan, Jokowi: Segera Belanjakan! )

Dia mengatakan, hal ini dilakukan agar dapat menggerakan ekonomi dan meningkatkan konsumsi masyarakat. “(Ini) agar belanja masyarakat meningkat, agar konsumsi masyarakat meningkat. Sehingga juga menggerakan ekonomi di lapisan bawah,” ungkapnya.

Jokowi juga mengingatkan bahwa di kondisi krisis seperti saat ini semua jajaran pemerintah harus bekerja cepat. “Saya sering sampaikan kita dalam kondisi krisis, semangatnya, auranya harus berbeda tidak pada kondisi normal," ungkapnya.

"Semuanya harus, sudah sering saya sampaikan, semuanya harus pindah channel ke extraordinary agar program stimulus ini betul-betul bisa berdampak dan memberikan daya ungkit pada pertumbuhan ekonomi,” tegasnya.

(Baca Juga: Sebut 2021 Masih Penuh Ketidakpastian, Jokowi Fokus ke Empat Hal Ini )

Pada kesempatan itu juga Jokowi menyampaikan, bahwa perlindungan sosial menjadi salah satu fokus pemerintah tahun depan dari empat fokus yang ada. “Yang kedua yang berkaitan dengan perlindungan sosial terutama bagi kelompok yang kurang mampu dan rentan,” tegasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)