LPDB-KUMKM Ditugaskan untuk Prioritaskan Pembiayaan ke Koperasi

Kamis, 26 November 2020 - 01:57 WIB
loading...
A A A
Sementara itu, Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, bahwa pihaknya siap menyalurkan dana bergulir kepada koperasi, termasuk koperasi di Bener Meriah. Adanya pinjaman/pembiayaan dari LPDB-KUMKM kepada koperasi diharapkan dapat menyerap kopi-kopi yang ada di pengumpul yang sedang kelebihan stok.

Namun, lanjutnya, koperasi yang akan mendapatkan pinjaman/pembiayaan dari LPDB-KUMKM tentunya harus koperasi yang benar-benar sehat. Ia menambahkan, pinjaman/pembiayaan dari LPDB-KUMKM memiliki bunga yang relatif rendah yakni 3 hingga 5 persen per tahun (menurun).

“Diharapkan dengan adanya bantuan pinjaman/pembiayaan dari LPDB-KUMKM para petani kopi di Lhokseumawe ini dapat mengatasi kesulitan mereka akibat terdampak wabah Covid-19. Saat ini kami sedang menganalisa koperasi mana yang akan ditunjuk untuk mendapatkan pinjaman/pembiayaan,” ujarnya.

Bupati Bener Meriah, Tgk H. Sarkawi mengapresiasi upaya Kementerian Koperasi dan UKM melalui LPDB-KUMKM yang akan memberikan bantuan perkuatan permodalan kepada koperasi di Kabupaten Bener Meriah.

Ia menjelaskan, sebelum pandemi Covid-19 ekspor Kopi Gayo mencapai 35.000 ton per tahun dengan nilai sekitar USD200 juta. Kopi Gayo merupakan kopi termahal di dunia yakni 6 Dollar AS per kg. Sementara kopi Brazil harganya hanya 3 dollar AS per kg.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2105 seconds (0.1#10.140)