Salurkan Dana Pinjaman, LinkAja Kembangkan Fitur Baru

Jum'at, 27 November 2020 - 06:00 WIB
loading...
Salurkan Dana Pinjaman, LinkAja Kembangkan Fitur Baru
FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setelah resmi menjadi mitra pembayaran aplikasi pangan yang dikembangkan oleh PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) (BGR Logistics) pada pertengahan Juni lalu, kini LinkAja kembali melakukan kolaborasi strategis pada Program Dana Pinjaman bagi Mitra Warung Pangan melalui aplikasi LinkAja.

Melalui program ini, LinkAja dan BGR Logistics bekerja sama untuk memberikan stimulus dana pinjaman kepada para Mitra Warung Pangan melalui fitur baru yang ditambahkan pada aplikasi Warung Pangan, yaitu WP Asik. Melalui fitur tersebut, para Mitra Warung Pangan atau Calon Mitra Binaan sebagai pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bisa mendapatkan pinjaman atau pembiayaan modal kerja yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan usaha, yang disalurkan dalam bentuk voucher melalui aplikasi LinkAja, sebagai mitra penyaluran dana stimulus.



Inisiatif ini juga bertujuan untuk membantu Pemerintah dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional, khususnya di sektor Koperasi dan Warung UKM, melalui kemudahan akses terhadap bahan pangan dengan harga terjangkau di tengah pandemi COVID-19.Selain kerja sama dalam penyaluran stimulus, LinkAja juga telah berkolaborasi dengan BGR Logistics dalam memberikan kemudahan opsi pembayaran di dalam aplikasi warung Pangan, yang memungkinkan Mitra Warung Pangan untuk tetap dapat berbelanja di aplikasi Warung Pangan secara nontunai dengan menggunakan LinkAja sebagai alat pembayaran, meskipun kuota voucher pinjaman sudah habis.

Sebagai komitmen untuk memperluas penetrasi aplikasi Warung Pangan ke warung-warung di Jabodetabek, LinkAja juga menyediakan metode pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk warung-warung yang telah menjadi Mitra Warung pangan, sehingga masyarakat dapat berbelanja di berbagai warung tersebut dengan menggunakan LinkAja.

Head of Government Project Management Group LinkAja Rendi Nugraha menuturkan dengan kolaborasi starategis ini diharapkan dapat mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional melalui pertumbuhan UMKM yang baru, serta penguatan sektor UMKM yang telah ada. "Kami juga berharap model penyaluran dana stimulus ini dapat diimplementasikan pada berbagai program penyaluran bantuan UMKM lainnya di masa yang akan datang," katanya.



Direktur Pengembangan Usaha & Sistem Informasi BGR Logistics Tri Wahyundo Hariyatno menambahkan, dihadirkannya fitur WP Asik ini adalah sebagai salah satu bentuk upaya lanjutan dari Kementerian Koperasi & UKM serta Kementerian BUMN untuk terus membantu para UMKM, khususnya para pemilik warung untuk bangkit dari pandemi dan dapat mengembangkan usaha warungya.

"Dengan cara yang mudah dan sesuai kebutuhan warung, maka fitur ini diberi nama WP Asik, yang didukung penuh oleh LinkAja sebagai mitra uang elektronik nasional yang aman dan terpercaya," ucap dia.

Mengenai mekanisme pengajuan pinjaman atau pembiayaan modal kerja ke BGR Logistics, Calon Mitra Binaan atau Mitra Warung Pangan dapat mengajukan proposal permohonan pembinaan melalui fitur WP Asik di dalam aplikasi Warung Pangan, yang merupakan aplikasi yang diprakarsai oleh Kementerian Koperasi dan UKM dan dikembangkan oleh PT BGR Logistics bekerja sama dengan BUMN Klaster Pangan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)