Ada Vaksin, Milenial Kian Doyan Nongkrong dan Jajan

loading...
Ada Vaksin, Milenial Kian Doyan Nongkrong dan Jajan
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Ekonom Ryan Kiryanto menilai di masa pandemi saat ini, kelas menengah, khususnya kelompok milenial , sudah lebih aktif melakukan berbagai mobilitas dan aktivitas di luar rumah, termasuk aktivitas belanja atau konsumsi . Sementara kelompok usia mapan (usia di atas 55 tahun) cenderung membatasi mobilitasnya dengan pertimbangan utama faktor kesehatan. ( Baca juga:Konsumsi Turun Bukan Karena Orang Indonesia Miskin Lho, Tapi... )

"Itulah yang membuat PDB kita di kuartal III-2020 lalu mampu tumbuh minus 3,49% yoy yang lebih baik dibanding Q2/2020 yang sebesar minus 5,32% yoy. Saya yakin PDB di Q4/2020 akan lebih baik lagi, pada kisaran minus 1,5% year on year (yoy) hingga minus 0,5% yoy," kata Ryan saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Kata dia, terlihat aktivitas ekonomi dan konsumsi di kuartal keempat lebih dinamis sehingga mampu mendongkrak PDB. Apalagi, jika vaksin sudah tersedia di Indonesia dan sudah didistribusikan ke masyarakat.

"Maka akan menaikkan kepercayaan diri kelas menengah, kelompok milenial dan kelompok masyarakat mapan secara ekonomi dan keuangan, untuk ke luar rumah, untuk beraktivitas. Ekonomi dan konsumsif atau belanja, dan juga angka WFO akan meningkat dibanding yang WFH, sehingga roda perekonomian bergerak lebih cepat,"bebernya. ( Baca juga:1x Unggahan Rp1,4 Miliar )



Dia menambahkan semua aktivitas tersebut tetap dalam koridor. Inilah yang mendorong outlook PDB di 2021 akan berada di rentang 5,0-6,0% yoy.

"Ini dibarengi dengan makin terbukanya perekonomian dunia, khususnya AS dan Tiongkok," tandasnya.
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top