5 KSPN Super Prioritas Jadi Strategi Dongkrak Perekonomian Daerah

Senin, 30 November 2020 - 14:43 WIB
loading...
5 KSPN Super Prioritas Jadi Strategi Dongkrak Perekonomian Daerah
Pengembangan KSPN ini diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan wilayah yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Investasi pada sektor pariwisata masih menjadi andalan negara kita dalam menjaga kestabilan bahkan peningkatan ekonomi nasional. Tercatat di tahun 2019 saja telah berkontribusi pada Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar 5,5%.

Perolehan tersebut tidak hanya bersumber dari devisa negara oleh wisatawan, namun juga investasi bernilai tinggi seperti pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata. Potensi tersebut oleh pemerintah dituangkan dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) .

(Baca Juga: Anti Kumuh, Ruang Terbuka Publik Gairahkan Ekonomi Daerah )

Pengembangan KSPN ini diharapkan mampu mendorong percepatan pembangunan wilayah yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dalam pelaksanaannya, kolaborasi antar Kementerian/Lembaga serta dukungan pemerintah daerah diperlukan untuk menjadikan KSPN sebagai destinasi wisata berkelas dunia dengan mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi serta budaya secara berkelanjutan.

Pembangunan Infratruktur 5 KSPN Super Prioritas

Pemerintah mencanangkan pembangunan 5 KSPN dengan prioritas tinggi pada pertengahan 2019 yang terdiri dari Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Manado-Likupang (Sulawesi Utara). Kelima KSPN ini ditetapkan melalui Perpres Nomor 18 Tahun 2020 dan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

5 KSPN Super Prioritas Jadi Strategi Dongkrak Perekonomian Daerah


Kementerian PUPR diamanatkan untuk melaksanakan pembangunan KSPN ini mulai dari perencanaan hingga pembangunan infrastruktur pendukungnya. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan, bahwa, untuk pariwisata hal pertama yang harus dilakukan adalah renovasi atau rekonstruksi infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi secara besar-besaran.

Jika hal tersebut tidak siap, maka wisatawan hanya akan datang sekali saja dan tidak akan kembali lagi. Dukungan infrastruktur KSPN yang dibangun Kementerian PUPR pada tahun 2020 mencakup konektivitas, sumber daya air, perumahan, dan permukiman.

Pada KSPN Danau Toba dukungan infrastruktur bidang sumber daya air yang dibangun antara lain pelebaran Tano Ponggol dan penyediaan air baku kawasan Parapat. Bidang konektivitas di antaranya peningkatan jalan Lingkar Samosir dan Jalan Standar Panji-Bts.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5807 seconds (0.1#10.140)