Agar Bisnis Lebih Berkembang dan Maju, Hary Tanoe Berbagi Tip 5P

Jum'at, 04 Desember 2020 - 22:49 WIB
loading...
Agar Bisnis Lebih Berkembang dan Maju, Hary Tanoe Berbagi Tip 5P
Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT). Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo memberikan tip 5P untuk mengembangkan bisnis agar bisa semakin maju ke depannya. Tip pertama adalah Produk. Menurut dia, produk yang ditawarkan harus tepat.

"Kalau kita TV ya the right program. Kalau pay TV ya the right channel. Kalau itu asuransi tentunya pastikan produk yang benar. Kalau produknya keliru, mau kerja sekeras apapun akan percuma," ujarnya dalam Manager Forum MNC Group ke-52 yang digelar secara virtual, Jumat (4/12/2020).

( )

Kedua adalah Price alias harga. Menurut Hary, harga produk yang ditawarkan harus kompetitif dan bersaing. "Kalau bicara asuransi kita harus kompetitif. Kalau bicara TV ya rate card. Seperti sekarang audiensnya naik luar biasa dalam satu program bisa 28%, kita harus sesuaikan, bundle dengan program lain," jelas dia.

Ketiga adalah Place (tempat). Hary menjelaskan, bisnis harus menyesuaikan tempat untuk bisa menjangkau konsumen yang berada di daerah terpencil.

"Kalau bank non-digital, tentu akan sulit, tidak bisa menjangkau seluruh secara nasional. Makanya harus ke digital. Kita bisa menjangkau nasabah di NTT, Papua. Kemudian bisa pakai aplikasi. Itulah keuntungan digital," jelasnya.

( )

Keempat adalah Promosi. Hary menuturkan, produk yang bagus, harga yang kompetitif, cabang digital dan bisa diakses oleh siapapun di seluruh dunia tetapi tidak ada orang yang tahu produk tersebut akan percuma. Untuk itu, promosi akan sangat penting untuk menonjolkan keunggulan produk.

"Kelima adalah People. Dibutuhkan orang yang kompeten untuk menjalankan bisnis. Artinya mulai dari manajemen, direksi, manajer, sampai ke semuanya harus dipimpin oleh orang yang benar," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1201 seconds (0.1#10.140)