Ajak Milenial Bertani, Kang Emil Kenalkan Petani Muda Berpenghasilan Rp20 Juta/Bulan

Kamis, 10 Desember 2020 - 18:46 WIB
loading...
Ajak Milenial Bertani, Kang Emil Kenalkan Petani Muda Berpenghasilan Rp20 Juta/Bulan
Wisnu Saepudin, petani milenial yang sukses bercocok tanam paprika dikenalkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil melalui akun Instagram-nya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperkenalkan seorang petani muda asal Jawa Barat yang mendapatkan penghasilan fantastis dari kegiatannya bertani.

Melalui akun Instagram @ridwankamil, mantan wali kota Bandung itu menulis, "PETANI MILENIAL JAWA BARAT. Tinggal di desa, rejeki kota dan bisnis mendunia."

(Baca Juga: Cerita Sukses Petani Milenial Manfaatkan Lahan Sempit di Bogor dengan Pertanian)

Kang Emil- sapaan akrab Ridwan Kamil menyebut petani milenial tersebut adalah Wisnu Saepudin, 26 tahun, anak muda di Kabupaten Bandung Barat yang mendapatkan penghasilan Rp20 juta sebulan dengan bertani paprika di tanah seluas 1.200 meter persegi (m2).

"MAU?" kata Kang Emil menawarkan kepada para follower-nya di Instagram. "Jika mau, siap2 ikut program PETANI MILENIAL JAWA BARAT. Di Februari tahun depan. Tanahnya dipinjami oleh pemerintah jika tidak punya dan produknya dibeli langsung oleh pemerintah dan forum off takers," katanya, dikutip Kamis (10/12/2020).

Namun, Kang Emil memberikan syarat bagi pemuda yang ikut mengikuti program Petani Milenial. "Syaratnya harus menguasai teknologi digital baik dalam produksi maupun dalam penjualannya," tuturnya.

Dikatakan Kang Emil, pasca Covid-19, banyak orang yang terpaksa jauh dari kota untuk menjauhkan juga dari penyakit. Namun penguasaan teknologi 4.0 akan mendekatkan semua orang pada peluang yang tidak terbatas seperti halnya ekonomi di perkotaan selama ini.

(Baca Juga: Membangkitkan Petani Milenial) "Gagasan ini tadi saya sampaikan di depan Menteri Pertanian saat menerima penghargaan sebagai Gubernur terbaik dalam pengelolaan dan promosi ekonomi perkebunan," katanya. "Hayu jadi Petani Milenial!" ajak Kang Emil lagi.

Ajakan Kang Emil pun ditanggapi beragam warganet. Akun @sinagacattleya berkomentar, "Menarik nih pak semoga ada konsep bisa jadi petani walau lahan minim," cuitnya.

Akun @shuici_akai menanyakan cara untuk menjadi petani milenial seperti yang ditawarkan Kang Emil. "Caranya gmn pak??" tanyanya.

Namun ada juga komentar warganet yang bernada menyentil, "Milenial jadi petani, tapi tetep import, gmna," cuit akun @adityarahmann09.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)