Ini Langkah Hutama Karya Memutus Penyebaran Covid-19

Kamis, 16 April 2020 - 18:36 WIB
loading...
Ini Langkah Hutama Karya Memutus Penyebaran Covid-19
Hutama Karya melakukan penyemprotan disinfektan di ruas tol yang dikelola. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) selaku salah satu Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) berkomitmen membantu memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) dengan melakukan berbagai tindakan preventif di seluruh cabang tol yang dioperasikannya.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro, mengatakan Hutama Karya akan melakukan seluruh kemampuan untuk menekan laju penularan virus corona yang sedang mewabah di Indonesia.

"Kami di Hutama Karya bersama-sama merapatkan barisan untuk mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19, salah satunya dengan semaksimal mungkin melakukan berbagai tindakan pencegahan di berbagai ruas tol yang kami kelola," ujar Aries di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Lebih lanjut, Aries menyatakan meski tetap beroperasi, Hutama Karya menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi petugas tol dalam bekerja, mulai dari penggunaan masker, pengecekan suhu tubuh setiap pergantian shift, dan penyediaan hand sanitizer di beberapa titik pada seluruh kantor cabang dan gerbang tol, hingga memastikan implementasi physical distancing.

"Kami berharap kita semua dapat bersatu memerangi virus corona ini, serta mengimbau untuk tetap Di Rumah Aja dan menunda sementara keinginan untuk mudik demi kesehatan keluarga di rumah," terangnya.

Hingga kini, Hutama Karya telah menutup sementara fasilitas top-up tunai dan Mobile Reader (MR) dan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di seluruh gerbang tol pada cabang tol yang dioperasikannya. Bertujuan untuk meminimalisir interaksi secara langsung antara petugas dan pengguna jalan agar tidak menimbulkan potensi penyebaran virus corona.

Sementara itu, sebelumnya, pada Kamis (9/4) Hutama Karya cabang tol JORR-S berkolaborasi dengan Polda Metro Jaya melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan truk water cannon di sepanjang tol JORR-S. Hal ini juga dilakukan oleh beberapa cabang tol lainnya.

Di cabang tol Bakter, Hutama Karya juga berinisiatif menyediakan ruang isolasi sementara di Kantor Gerbang Tol (GT) Natar. Sementara di cabang tol Palindra, Hutama Karya melakukan pengecekan suhu pengguna jalan dan penyemprotan disinfektan, khususnya kendaraan yang berasal dari luar kota.

Adapun, setelah diterapkannya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta, Hutama Karya cabang tol JORR bersama dengan PJR juga aktif mengawasi penerapan PSBB dengan membuat check point yang berlokasi di Gerbang Tol (GT) Pasar Rebo. Tujuannya memastikan penerapan PSBB di tol JORR-S berjalan dengan efektif.
(bon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)