Menteri Basuki Tawarkan 17 Proyek Tol ke BUMN dan Swasta

Senin, 14 Desember 2020 - 14:54 WIB
loading...
Menteri Basuki Tawarkan 17 Proyek Tol ke BUMN dan Swasta
Kementerian PUPR menawarkan 17 proyek tol di tahun 2021. (Foto: Dok. Sindonews)
A A A
JAKARTA - JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menawarkan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penawaran skema ini akan meningkatkan investasi serta bakal memperbanyak lapangan kerja.

“Ada dua yakni jalan tol dan jalan non-tol. Jalan tol kita banyak sekali yang sedang diproses. Ini untuk memperbanyak lapangan kerja. Apalagi kita fokus pada padat karya di tahun 2021,” ujar Basuki dalam video virtual, Senin (14/12/2020).

(Baca juga:Bangkitkan Ekonomi, Jateng Butuh Lima Jalan Tol Senilai Rp106,4 Triliun)

Kementerian PUPR, kata Basuki, akan membuka penawaran kerja sama pembangunanjalan tolsebanyak 17 proyek pada 2021 kepada swasta serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Penawaran dilakukan untuk skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU). “Untuk kuartal I/2021 kami menawarkan proyek KPBU delapan jalan tol dan satu jembatan,” imbuhnya.

(Baca juga:Travel Gelap Diawasi, Pengamanan Ruas Jalan Tol dan Rest Area Diperketat)

Basuki merinci, proyek pembangunan jalan bebas hambatan yang ditawarkan dengan skema KPBU di kuartal I/2021 meliputi ruas Tol Mamminasata di Sulawesi Selatan; ruas Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg, Semanan-Balaraja, dan Bogor-Serpong via Parung.

(Baca juga:Jejak Baru ADHI melalui Jalan Tol Serang-Panimbang)

Selain itu ada proyek tolSentul Selatan-Karawang Barat, Semarang Harbour (Semarang-Kendal), Gilimanuk-Mengwi, dan askes Pelabuhan Patimban. Jalan Tol Pelabuhan Patimban akan membuka akses Jalan Tol Cipali ke jalan nasional menuju Pelabuhan Patimban.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)