Pasar Properti Cerah, Tahun Depan LPKR Bidik Marketing Sales Rp3,5 Triliun

Senin, 14 Desember 2020 - 20:09 WIB
loading...
Pasar Properti Cerah, Tahun Depan LPKR Bidik Marketing Sales Rp3,5 Triliun
Lippo Karawaci optimistis pasar properti tahun depan cerah. Foto/Ilustrasi
A A A

JAKARTA- PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) membidik peningkatan marketing sales tahun depan tumbuh 30%-40% atau mencapai Rp3,5 triliun. Kenaikan marketing ini didorong oleh optimisme tumbuhnya pasar properti tahun depan.

CEO LPKR John Riady mengatakan, pasar properti sudah kembali pulih sejak kuartal III/2020. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian marketing sales perseroan yang pada periode Januari-September mencapai Rp2,3 triliun. Bahkan pada Oktober 2020 telah melampaui target akhir tahun ini yang sebesar Rp2,5 triliun. "Permintaan properti telah pulih sejak kuartal tiga. Realisasi marketing sales pada kuartal III/2020 sebesar Rp1,2 triliun atau naik sekitar 304% secara tahunan (yoy) dari periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp303 miliar,"ujar John dalam paparan publik di Jakarta, Senin (14/12/2020).

(Baca juga: Sentimen Vaksin hingga Pemulihan Ekonomi Bikin Bisnis Properti Rebound Tahun Depan)

John menuturkan, penjualan properti masih tinggi disumbang dari para pembeli rumah pertama dengan kisaran harga Rp1 miliar hingga Rp2 miiar. Untuk tahun depan John mengaku masih akan membidik para pembeli rumah pertama ini.

Menurut dia, pasar properti tahun depan akan dipengaruhi oleh daya beli dan tingkat kepemilikan rumah dalam dua hingga lima tahun ke depan. Terlebih saat ini Bank Indonesia(BI) menerapkan suku bunga rendah yang diharapkan berdampak pada rendahnya bunga KPR. Selain itu, John menilai tingkat pinjaman KPR di Indonesia masih sangat rendah sekitar 3% dari GDP. "Dibandingkan negara-negara tetangga Indonesia masih sangat rendah, Malaysia tingkat pinjaman KPR-nya sekitar 49%, Singapura 42%, Thailand 23% dan Filipina 13%," tegas John.
(bai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2378 seconds (0.1#10.140)