Pengusaha Logistik Swasta Minta Dilibatkan dalam Distribusi Vaksin Covid-19

Rabu, 16 Desember 2020 - 21:07 WIB
loading...
Pengusaha Logistik Swasta Minta Dilibatkan dalam Distribusi Vaksin Covid-19
Foto Ilustrasi/Dok Setpres
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Logistik dan Rantai Pasok Rico Rustombi mengaku bila pelaku usaha logistik sedang menunggu pemerintah untuk menggandeng swasta dalam mendistribusikan vaksin Covid-19 .

"Ini yang sedang kita tunggu bila pemerintah memberikan kesempatan kepada swasta. Bagaimana persyaratan, ketentuannya, apa saja yang wajib dipenuhi oleh pihak swasta," ujar Rico di Jakarta, Rabu (16/12/2020).

Dia menambahkan, hal tersebut sangat penting mengingat penanganan vaksin Covid-19 ini memerlukan syarat khusus. Ada penyesuaian dengan ketentuan dari produsen pembuat vaksin. Misalnya tingkat suhu penyimpanan harus benar sesuai dengan ketentuannya.

( )

Dia menjelaskan inisiatif untuk melibatkan swasta sudah didiskusikan antara pemerintah dan Kadin. Saat ini sedang dikaji lebih dalam oleh pemerintah. Peran swasta untuk supply chain distribusi vaksin menurutnya perlu dilibatkan agar proses distribusi bisa lebih cepat ke masyarakat.

"Pemerintah tinggal memberikan atau membuat peraturan terkait peran swasta dalam supply chain distribusi vaksin Covid-19. Semakin cepat sampai ke masyarakat semakin baik. Libatkan saja swasta," tambahnya.

Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi juga menyatakan pihaknya akan membantu penyaluran vaksin. "Tujuanya agar pengendalian Covid-19 di Indonesia akan efektif dan kita dapat segera memulai perbaikan terhadap ekosistem dunia usaha yang telah lesu serta memperbaiki pasar," ujar Diana menambahkan.



Tidak hanya itu, dia juga mengatakan pihaknya siap mendistribusikan untuk memaksimalkan penyaluran agar dapat merata kepada beberapa pihak. "Terutama kami akan mendorong para pengusaha di DKI Jakarta turut aktif memberikan fasilitas vaksinasi kepada para pekerjanya," tegasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)