Nilai Tukar Rupiah Berpotensi Lanjutkan Tren Penguatan

Kamis, 17 Desember 2020 - 20:38 WIB
loading...
Nilai Tukar Rupiah Berpotensi Lanjutkan Tren Penguatan
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Nilai tukar rupiah sampai dengan 16 Desember 2020 mencatat depresiasi sekitar 1,72% (year-to-date/ytd) dibandingkan dengan level akhir 2019.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan penguatan nilai tukar Rupiah berpotensi berlanjut seiring levelnya yang secara fundamental masih undervalued.

"Hal ini didukung defisit transaksi berjalan yang rendah, inflasi yang rendah dan terkendali, daya tarik aset keuangan domestik yang tinggi, dan premi risiko Indonesia yang menurun, serta likuiditas global yang besar," ujar dia secara virtual di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

( )

Ke depan, Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar, melalui efektivitas operasi moneter dan ketersediaan likuiditas di pasar.

Nilai tukar Rupiah terjaga didukung langkah-langkah stabilisasi Bank Indonesia dan berlanjutnya aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik.

Adapun nilai tukar Rupiah pada 16 Desember menguat 0,63% secara rerata, meskipun melemah terbatas 0,04% secara point to point dibandingkan dengan level November 2020.

( )

Menurut dia, perkembangan nilai tukar Rupiah yang terjaga didorong peningkatan aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik seiring dengan menurunnya ketidakpastian pasar keuangan global dan persepsi positif investor terhadap prospek perbaikan perekonomian domestik.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)