Dekade Menentukan Bagi SDGs, Pemikir Muda Indonesia Dipacu

Senin, 21 Desember 2020 - 00:14 WIB
loading...
Dekade Menentukan Bagi SDGs, Pemikir Muda Indonesia Dipacu
Konferensi Tahunan SDGs Indonesia tahun ini juga menjadi ajang penghargaan Bagi Kaum Muda yang terlibat aktif dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Bappenas menyelenggarakan Konferensi Tahunan SDGs 2020 Indonesia secara virtual. Mengangkat tema “Bangkit dari Covid-19 dengan Menggunakan Ilmu Pengetahuan dan Inovasi yang Berkelanjutan”. Konferensi Tahunan SDGs Indonesia 2020 dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Konferensi Tahunan SDGs Indonesia tahun ini juga menjadi ajang penghargaan Bagi Kaum Muda yang terlibat aktif dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) . Tampak pada gambar tim debat dari Universitas Padjajaran yang diwakili oleh Giovanni Nickson Zefanya saat dinobatkan sebagai pemenang pertama Lomba Debat SDGs Indonesia 2020.

(Baca Juga: Pandemi Perburuk Target SDGs, Jokowi Minta Inovasi Digenjot )

Lalu dari President University diwakili oleh Rendy Utomo sebagai pemenang Kedua yang juga dinobatkan sebagai Best Speaker di ajang Debat SDGs 2020. Penobatan pemenang dan penghargaan dilakukan oleh malia Adininggar Widyasanti, ST, M.Si, M.Eng. Ph.D, Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan dengan disaksikan oleh Norimasa Shimomura, Resident Representative UNDP, dan Satrijo Tanudjojo, CEO Global Tanoto Foundation.

“Saya ucapkan selamat kepada pemenang Debat SDG tahun ini. Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada semua peserta, pertama-tama, atas minat dan komitmen mereka terhadap SDGs, tetapi juga atas kontribusinya yang luar biasa dalam debat," ucap Deputy Resident Representative UNDP Indonesia, Sophie Kemkhadze.

Lebih lajut Ia juga menyakini, ajang ini adalah pengalaman yang memperkaya wawasan bagi lebih dari 300 laki-laki dan perempuan muda yang berpartisipasi dalam kompetisi debat, dan acara ini telah memungkinkan untuk mempertajam pengetahuan mereka tentang Tujuan Pembangunan Global, pemikiran kritis dan keterampilan kepemimpinan.

"Ini adalah dekade yang menentukan untuk SDGs, agenda yang menjadi semakin relevan selama pandemi COVID-19 ini dibandingkan sebelumnya. Debat ini adalah bagian dari upaya UNDP untuk menanamkan DNA SDGs di antara para pemikir muda di Indonesia,” sambung Sophie Kemkhadze.

(Baca Juga: SDGs Itu Mudah, Contohnya Minta Anak Murid Bawa Air Minum Pakai Tumbler )

Lomba Debat SDGs Indonesia 2020 diselenggarakan oleh Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Kementerian Luar Negeri dan Tanoto Foundation.

Bertajuk “Bright YOUth, Better Planet,” Lomba Debat SDGs Tahunan Kedua ini berfokus untuk melibatkan pemuda Indonesia dalam pemulihan pasca pandemic dan merupakan rangkaian kegiatan ‘Road to SDGs Conference 2020’.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)