Sri Mulyani Sebut Ekonomi Dunia Bakal Dramatis

Senin, 21 Desember 2020 - 14:11 WIB
loading...
Sri Mulyani Sebut Ekonomi Dunia Bakal Dramatis
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memproyeksi ekonomi dunia masih akan mengalami kontraksi di tahun 2020. Kontraksi terjadi karena adanya kasus Covid-19 yang terus melanda, bahkan jumlahnya kian meningkat.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan ekonomi dunia pun akan menjadi dramatis dengan terkontaksi yang masih terjadi. Pasalnya, kontraksi yang ada akan menimbulkan berbagai respons dari seluruh dunia. ( Baca juga:Beri Semangat Kaum Perempuan, Sri Mulyani: Hidup Enggak Selalu Beruntung )

"Ini pertumbuhan ekonomi yang dramatis," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Senin (21/12/2020).

Dia menambahkan, berdasarkan proyeksi dari berbagai lembaga keuangan dunia, seperti OECD, IMF, dan Bank Dunia, perekonomian global masih akan mengalami kontraksi. Prediksi minus itu pun angkanya tak terpaut jauh.

"OECD minus 4,2%, IMF minus 4,4%, dan World Bank minus 5%," katanya. ( Baca juga:Terancam Dilaporkan ke Polda Metro Kasus Ujaran Kebencian, Munarman: Terserah! )

Sedangkan Uni Eropa menjadi kawasan yang pertumbuhan ekonominya paling terdampak dibandingkan kawasan lain, yaitu minus minus 8%. Sementara, ekonomi negara-negara berkembang minus 3,3%, dan ASEAN minus 3,4%.

"Ini resesi ekonomi yang paling dalam di tahun 2020," tandas Sri Mulyani.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1079 seconds (0.1#10.140)