Pertamina Bangun Storage BBM di Kawasan Pelabuhan Patimban

Senin, 21 Desember 2020 - 20:10 WIB
loading...
Pertamina Bangun Storage BBM di Kawasan Pelabuhan Patimban
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Dalam rangka mendukung aksesibilitas energi untuk Proyek Strategis Nasional (PSN) , Pelabuhan Patimban yang telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Minggu (20/12), PT Pertamina (Persero) menyiapkan pembangunan Storage Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kawasan Pelabuhan Patimban.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, dalam upaya mencapai ketahanan energi nasional, Pertamina terus memastikan aksesibilitas energi dapat terlaksana dengan baik di seluruh Indonesia, mulai dari wilayah perkotaan hingga wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T). Hal ini termasuk juga mendukung aksesibilitas energi untuk PSN Pelabuhan Patimban.

“Pembangunan Storage BBM ini akan memberikan kemudahan dalam rangka mendukung seluruh aktivitas kendaraan, kapal, dan sarana operasi di Pelabuhan Patimban yang sudah mulai beroperasi,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (21/12/2020).



Menurut dia, melalui perhitungan yang sudah dilakukan, storage BBM ini akan jauh lebih efektif dalam melakukan pelayanan, melengkapi fasilitas yang sudah ada saat ini. “Secara jangka panjang, ini adalah investasi yang baik bagi Pertamina dan bagi seluruh pelanggannya,” imbuhnya.

Nicke melanjutkan, pembangunan storage BBM ini cukup strategis karena Pertamina selaku BUMN, menciptakan kehadiran negara untuk melayani kebutuhan operasi pelabuhan. Storage BBM ini pun akan memberikan aksesibilitas yang lebih dekat dan mudah dalam pelayanan secara langsung di Pelabuhan Patimban. Saat ini, daerah sekitar Pelabuhan Patimban mendapatkan distribusi BBM melalui Storage di Tanjung Priok dan Balongan yang relatif lebih jauh.

“Selain memberikan dukungan energi dan memastikan pelayanan maksimal di Pelabuhan Patimban sebagai bentuk menjaga ketahanan energi nasional, harapan kami pergerakan aktivitas di Pelabuhan Patimban dan sekitarnya ini juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” tuturnya.



Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, Pertamina telah berperan untuk memenuhi kebutuhan energi di Pelabuhan Patimban dan sekitarnya dengan membangun storage BBM.

“Pertamina akan melakukan pembangunan dukungan energi bagi Pelabuhan Patimban dan sekitarnya. Pelabuhan Patimban yang akan terkondisi dengan jalan tol dan jalan kereta api ini diharapkan dapat meningkatkan potensi pembangunan 10 kawasan industri di sepanjang koridor utara Jawa. Sehingga perekonomian meningkat dan memberikan manfaat yang luas pada masyarakat,” jelasnya.
(her)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)