Sektor Ini Diperkirakan Bakal Cepat Pulih pada Tahun 2021

Rabu, 23 Desember 2020 - 06:36 WIB
loading...
Sektor Ini Diperkirakan Bakal Cepat Pulih pada Tahun 2021
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemulihan ekonomi nasional secara sektoral sudah menunjukan peningkatan pada kuartal III/2020. Menurut Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro, sektor jasa adalah sektor yang mengalami pemulihan yang relatif cepat dilihat dari pertumbuhan kuartalan, seperti sektor transportasi dan pergudangan, perdagangan besar dan eceran, manufaktur dan konstruksi.

"Tapi kecepetan pemulihan pada kuartal IV mengalami deselerasi dibandingkan dengan kecepatan pemulihan di kuartal III 2020," kata Andry secara virtual di Jakarta, Selasa (22/12/2020).

( )

Beberapa indikator-indikator industri, seperti indeks penjualan ritel, indeks keyakinan konsumen, penjualan semen, penjualan mobil, tingkat okupansi hotel, arus jumlah penumpang dan barang angkutan udara, laut dan darat, membaik namun kecepetannya melambat dalam 2-3 bulan terakhir.

Dia juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kuartal IV masih akan terkontraksi antara -2,73% sampai dengan -1%. Sehingga pertumbuhan ekonomi di sepanjang tahun 2020 akan berada pada kisaran -2,2% sampai dengan -1,5%.

Menurut Andry, kontraksi ekonomi memang masih terjadi karena belum pulihnya sisi permintaan di kuartal IV dibandingkan dengan periode pre-Covid. Namun, trajectory pemulihan terlihat sejak kuartal III dan berlanjut ke kuartal IV ini.

( )

Pendorong di kuartal IV diperkirakan masih berasal dari dukungan stimulus fiskal yang mendorong indikator belanja pemerintah dan konsumsi.

"Dan faktor lain yang mendorong perbaikan di kuartal IV di banding dua kuartal sebelumnya adalah kinerja net export yang lebih baik seiring dengan perbaikan harga komoditas," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)