Menteri KKP Baru Ungkap Keinginan Jokowi Soal Ekspor Benih Lobster

Rabu, 23 Desember 2020 - 12:22 WIB
loading...
Menteri KKP Baru Ungkap Keinginan Jokowi Soal Ekspor Benih Lobster
Menteri KKP baru Sakti Wahyu Trenggono mulai melakukan aktivitas di Gedung KKP. FOTO/Taufik Fajar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi), telah melantik Sakti Wahyu Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Istana Kepresidenan Jakarta. Usai pelantikan, Trenggono langsung ke kantirnya di Gedung Mina Bahari IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Wahyu menandaskan akan mengevaluasi beberapa kebijakan menteri sebelumnya sesuai pesan Presiden Jokowi. Salah satu evaluasinya yakni kebijakan ekspor benih lobster yang diatur dalam Peraturan Menteri Nomor 12 tahun 2020 tentang Pengelolaan Lobster, Kepiting, dan Rajungan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia.

"Ada beberapa yang dipesankan oleh Pak Presiden. Tapi saya tentu perlu evaluasi, salah satunya adalah soal benur (benih lobster)," ujar dia, Rabu (23/12/2020).



Kemudian, lanjut dia, pihaknya cinta kepada keberlanjutan. Di mana isu keberlanjutan lingkungan ini yang membuat mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti membuat aturan pelarangan ekspor benih lobster.



Akan tetapi Menteri Edhy Prabowo, kembali melegalkan ekspor benur dengan alasan keberlanjutan harus diseimbangkan dengan kesejahteraan nelayan, yang menggantungkan hidupnya mencari benur. "Soal benur akan kita evaluasi, karena saya cinta soal keberlanjutan lingkungan. Apabila itu rusak lingkungannya, maka generasi berikut tidak akan bisa mendapat manfaat. Jadi itu yang akan kita evaluasi," tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1325 seconds (0.1#10.140)