PLN Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Tol Surabaya-Jakarta

loading...
PLN Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Tol Surabaya-Jakarta
Ilustrasi karyawan melakukan pengisian listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Kawasan Kantor PLN Disjaya, Gambir, Jakarta, Minggu (6/12/2020). Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
JAKARTA - PLN bekerja sama dengan Jasa Marga menambah 4 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di ruas tol Surabaya - Jakarta. Keempat SPKLU yang diresmikan yaitu SPKLU Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam rangka menyiapkan sarana pendukung untuk pengembangan kendaraan listrik berbasis baterai.

"Fasilitas SPKLU di 4 titik ini disediakan PLN untuk memberikan rasa nyaman kepada para pengguna mobil listrik dan untuk mengakomodir kebutuhan pengisan baterai pada saat bepergian dari Jakarta ke Surabaya," ujar Bob dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat (25/12/2020).

(Baca juga: Tergiur Mobil Listrik, LG dan Magna Saling Lirik Bikin Powertrain Elektrik )



Bob menambahkan peresmian SPKLU ini menjadi bagian dari komitmen PLN untuk mendukung implementasi Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

"PLN ingin memberikan kenyamanan warga pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memastikan penyediaan infrastruktur kelistrikan melalui pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum," imbuhnya.

Program KBLBB tersebut bertujuan untuk meningkatkan Ketahanan Energi Nasional dengan mengurangi ketergantungan impor BBM. Hingga tahun 2025 mendatang, PLN berencana akan membangun 2.400 SPKLU.



(Baca juga: Dirut Cantik Ini Beberkan Strategi Energi dari 'Tahan' Menjadi 'Sangat Tahan' )
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top