Kinerja Perbankan Diyakini Membaik, Tapi Ada Syaratnya...

Jum'at, 01 Januari 2021 - 13:01 WIB
loading...
Kinerja Perbankan Diyakini Membaik, Tapi Ada Syaratnya...
Kinerja perbankan tahun ini diyakini bakal membaik dibandingkan tahun 2020, asalkan kegiatan ekonomi juga menggeliat. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Memasuki Tahun Baru 2021 , kinerja perbankan diperkirakan masih tetap mengikuti kegiatan perdagangan (follow the trade). Namun demikian, kondisi perbankan tahun ini secara keseluruhan tetap akan bergantung kepada kondisi perekonomian.

(Baca Juga: Bagaimana Kinerja Perbankan Dua Kuartal ke Depan?, Nih Hitung-hitungannya)

Sementara, kondisi perekonomian ditentukan oleh pandemi. Apabila pandemi berakhir cepat, pemulihan ekonomi pun bisa Lebih awal. Dengan asumsi pandemi berakhir pada triwulan II/2021, pemulihan ekonomi diharapkan terjadi pada triwulan III/2021.

(Baca Juga : Mau Bikin Bank Sendiri, Opsi Ini Paling Pas Buat Muhammadiyah )

"Saya meyakini kondisi perbankan juga akan lebih baik pada tahun 2021," ujar Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah saat dihubungi di Jakarta, Jumat (1/1/2021).

Menurut Piter, pertumbuhan kredit akan kembali positif pada tahun 2021 termasuk kepada sektor UMKM, begitu juga dengan laba perbankan akan tumbuh positif.

(Baca Juga: Pandemi Bikin Kinerja Perbankan Meriang, Sahamnya Tetap Menantang)

Dengan kinerja yang lebih baik tentunya harga saham perbankan pun akan meningkat. Saat ini, bahkan saham bank sesungguhnya sudah kembali ke level sebelum pandemi karena investor sudah memprediksi perbaikan kinerja pada tahun 2021. "Tetapi sekali lagi semuanya ditentukan kapan pandemi berakhir dan kapan perekonomian pulih," ucap dia.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0991 seconds (0.1#10.140)