Cara Sederhana Memunculkan Semangat Baru di Rumah

loading...
Cara Sederhana Memunculkan Semangat Baru di Rumah
Rumah perlu diubah tatanannya agar memberi kenyamanan kepada penghuninya. (Foto: Dok/Pinterest)
MENGUBAH tatanan interior akan membawa kesegaran dan semangat bagi para penghuninya. Caranya sederhana cukup diberi sentuhan dekorasi, hunian akan tampil beda.

Suasana baru dapat diartikan dengan mendandani atau mendekorasi bagian-bagian tertentu, sehingga tampil seperti baru.‎ Ini adalah cara paling mudah dan sederhana karena hanya dibutuhkan kreativitas dalam mengombinasikan beberapa objek. Seperti memadukan aksesoris dengan warna ruangan atau menambahkan pernik baru ke dalam interior.

Namun, meski satu hal yang mudah dan sederhana, memilih aksesoris dan dekorasi ini sungguh tidak boleh disepelekan. Perhatian pada detail setiap elemen akan memberi efek luar biasa pada kesan yang dihasilkan‎.

Karakter pribadi dan khas dari penghuni dapat diekspresikan melalui aplikasi aksesoris dan dekorasi ini. Seperti halnya pada pemilihan objek, yang harus diperhatikan dalam memilih aksesoris adalah bentuk, tekstur, warna, corak, ukuran, dan proporsi.



Desain interior Erwin Hawawinata membeberkan pentingnya menciptakan keserasian elemen dekorasi dengan konsep interior yang diusung. Ia menegaskan bahwa dimensi dan jenis materialnya harus disesuaikan dengan proporsi ruang dan jarak pandang.

Dalam menata ruang biasanya Anda cenderung memadukan furnitur yang setipe atau memiliki desain sama. Padahal, penataan ruang yang menarik tidak melulu merujuk pada satu model. Anda bisa melakukan mix and match sesuka hati dengan beberapa model berbeda.

“Cara menggabungkannya dengan memasangkan beberapa furnitur yang memiliki kesamaan tema atau karakter, warna, bahan, material, dan ukuran ke dalam satu tatanan,” jelas Erwin.



Terkadang menghias sudut meja dengan aksesoris baru itu perlu. Salah satu target penataan yang tidak boleh luput dari sentuhan dekorasi adalah meja ruang keluarga. Cara paling tepat untuk menghiasnya dengan menaruh benda-benda bertemakan kegemaran sang pemilik rumah seperti pernik bola warna-warni, dan ragam pernik lainnya. selain itu, Anda dapat menempatkan toples kaca sebagai hiasan dengan begitu suasana baru di dalam ruangan akan lebih berkesan.

Sudut lainnya yang bisa Anda ubah tampilannya adalah bordes. Bagian ini kerap kali diabaikan para pemilik rumah karena biasanya di bordes ada sebuah dinding yang bisa dijadikan kanvas untuk memperindah tangga Anda. Misalkan, dinding bordes bisa dicat warna yang kontras dengan warna dinding lainnya, sehingga dinding bordes bisa menjadi point of interest.

Tidak hanya bordes, bagian tangganya juga bisa Anda sulap seindah mungkin. Anda bisa membuat tampilan tangga menjadi lebih ceria dengan memberikan tempelan motif berwarna cerah yang Anda sukai dengan begitu dalam sekejap tampilan tangga Anda pun akan menjadi baru.

Jika dinding rumah terlalu kosong, isilah dengan bingkai berbentuk unik. “Untuk mengaplikasikan hiasan bingkai di dinding rumah, kita perlu memperhatikan tiga hal penting seperti pilih bingkai dengan nuansa warna sama. Meski ukuran dan modelnya berbeda, bingkai tetap terlihat harmonis. Kedua, kita bisa pasang dengan cara tidak beraturan tapi tetap harus rapi. Ketiga, pasang pada bagian dinding yang lebar dan tinggi misalnya pada bagian void agar ruangan tidak lantas terasa sempit,” kata Erwin. (Aprilia S Andyna)
(wan)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top