Demi Kemandirian Energi, DEN Siap Dorong Energi Baru Terbarukan

Jum'at, 08 Januari 2021 - 14:33 WIB
loading...
Demi Kemandirian Energi, DEN Siap Dorong Energi Baru Terbarukan
Dewan Energi Nasional (DEN) akan terus meningkatkan energi baru terbarukan untuk menciptakan kemandirian energi nasional. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) periode 2020-2025 Daryatmo Mardiyanto mengatakan, masalah impor energi yang besar seperti bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji (LPG) harus dientaskan dengan meningkatkan kapasitas cadangan minyak dan gas bumi. Di sisi lain, penggunaan energi baru terbarukan (EBT) juga harus terus ditingkatkan.

(Baca Juga: Iklim Investasi dan Pasar Energi Terbarukan Harus Diperbaiki)

"Pertama, mempertahankan dan meningkatkan kemampuan kapasitas cadangan minyak dan gas bumi. Di sisi lain, yang perlu dipertajam mendorong EBT dan energi-energi lainnya agar kita tidak tersentralisasi di wilayah tertentu. Itulah yang akan menjadi jalan bagi kita untuk menuju kemandirian energi," ujarnya di Jakarta, Jumat (8/1/2021).

Dia optimis Indonesia mampu mewujudkan kemandirian energi dengan dukungan dari lintas sektoral. "Itu semua harus dilakukan dengan kebijakan lintas sektoral. Optimisme harus dibangun," imbuhnya.

Adapun tugas anggota DEN antara lain merancang dan merumuskan kebijakan energi nasional, menetapkan rencana umum energi nasional, menetapkan langkah-langkah krisis dan darurat energi, serta melakukan pengawasan kebijakan energi yang bersifat lintas sektoral.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, untuk menghadapi tantangan tersebut, pemerintah tengah menyiapkan berbagai strategi. Diantaranya, meningkatkan produksi minyak mentah dengan target 1 juta barel minyak per hari (bph) pada tahun 2030, meningkatkan kapasitas kilang BBM, mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi, meningkatkan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, mempercepat pemanfaatan pembangkit energi baru terbarukan, meningkatkan pembangunan jaringan gas, mendorong pemanfaatan kompor listrik.

(Baca Juga: Energi Terbarukan Terus Digenjot, Ini Strategi Besar Pemerintah)

"Saya berharap kepada para anggota DEN dari pemangku kepentingan periode 2020-2025 dapat membantu mengakselerasikan kebijakan energi," ungkapnya.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro berharap anggota DEN yang baru dilantik ini bisa terus mendorong pemenuhan kebutuhan energi dan kemandirian energi di Indonesia dengan mengedepankan energi bersih khususnya EBT. "Mudah-mudahan pengembangan energi di Indonesia terus berdasarkan kepada teknologi yang dikembangkan dan inovasi putra putri bangsa Indonesia," tuturnya.
(fai)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2316 seconds (10.177#12.26)