Bangga Buatan Indonesia, Juragan BI Selalu Pakai Produk UMKM

Senin, 11 Januari 2021 - 11:02 WIB
loading...
Bangga Buatan Indonesia, Juragan BI Selalu Pakai Produk UMKM
Perry Warjiyo. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan bahwa BI, baik di kantor pusat maupun di seluruh 46 kantor cabang di seluruh Indonesia, mendukung penuh gerakan nasional bangga buatan indonesia (BBI) . Pihak BI pun sangat bangga atas produk lokal.

"Saya sendiri selalu memakai pakaian batik maupun tenun karya-karya produksi UMKM binaan BI. Termasuk kain tenun endek Bali yang sangat bagus dan berkualitas ini," ujar Perry dalam Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali secara virtual pada Senin(11/1/2021). ( Baca juga:BI Apresiasi Dukungan Kemendag Jaga Stabilitas Moneter )

Perry menyebutkan, begitu banyak langkah BI mendukung gerakan nasional BBI. Di kantor pusat, pimpinan dan dewan gubernur, seluruh pemimpin kantor cabang, termasuk Kepala BI Bali sangat agresif mempromosikan produk BBI, khususnya UMKM binaan BI.

Sejak diluncurkan Agustus tahun lalu, BI selalu mengkampanyekan gerakan nasional BBI di setiap event-event yang kami lakukan di ranah daerah, nasional, maupun internasional. "Ini kami promosikan juga di event-event karya kreatif Indonesia, bahkan di pertemuan-pertemuan investor forum di daerah, nasional, dan internasional," ungkap Perry.

BI men-showcase UMKM-UMKM Indonesia di ranah internasional termasuk di Singapura dan berbagai negara. Tidak kurang dari 70 event telah digelar BI untuk mempromosikan UMKM, baik binaan BI dan UMKM kebanggaan Indonesia. Tidak kurang dari 70 ribu UMKM pun digelar di setiap acara atau event BI.

"Kami juga menjadi moment leader dalam gerakan nasional BBI, termasuk mendukung suksesnya acara hari ini. Dan juga insya Allah di bulan Maret nanti, BI akan menjadi leader di dalam gerakan nasional BBI di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)," tambahnya.

Perry mengatakan bahwa BI akan terus mengkampanyekan gerakan nasional BBI dalam event-event yang dilakukan, baik sendiri maupun juga sinergi dengan pemerintah daerah dan pusat, juga dengan perbankan dan asosiasi sistem pembayaran Indonesia.

"BI terus memajukan UMKM-UMKM Indonesia. Saat ini, BI memiliki 1.200 UMKM binaan yang tersebar juga di 46 kantor cabang BI. Di antaranya adalah yang memproduksi makanan, minuman, pangan, bahkan kain-kain batik dan tenun Nusantara yang produksinya sangat berkualitas tinggi," jelas Perry.

Setiap tahunnya, BI juga menampilkan produk-produk UMKM dalam Karya Kreatif Indonesia. Tahun lalu, BI menggelar tiga series Karya Kreatif Indonesia yang biasanya dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo atau Ibu Negara Iriana. ( Baca juga:Habib Rizieq Shihab dan Dirut RS Ummi Tersangka Kasus Swab )

"Melalui gerakan-gerakan kita semuanya untuk meningkatkan kualitas produksi, kemampuan akses pembayaran, dan terutama mempromosikan UMKM-UMKM kita, insya Allah UMKM menjadi pilar yang sangat kuat untuk pertumbuhan ekonomi dan mendukung ekonomi kita yang berkelanjutan dan inklusif untuk kesejahteraan rakyat," pungkas Perry.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)