Percantik Hunian Modern dengan Berbagai Tanaman

Rabu, 13 Januari 2021 - 06:53 WIB
loading...
Percantik Hunian Modern dengan Berbagai Tanaman
Tanaman-tanaman unik akan memperindah dan membuat menarik taman rumah. (Foto: Dok/90 Plus Desain)
A A A
HUNIAN bergaya modern akan tampil lebih memikat bila dilengkapi beberapa tanaman ini. Mau tahu apa saja jenis tanaman yang cocok untuk menghias taman di rumah?

Hunian dengan sentuhan modern rupanya masih menjadi favorit para pemilik rumah saat ini. Desainnya yang lebih mengutamakan bentuk dan bahan serta penyesuaian dengan teknologi terkini membuat desain ini banyak digemari masyarakat.

Untuk membuatnya tampilan menjadi lebih menawan, beberapa arsitek menyisipkan taman, baik di halaman depan maupun di belakang rumah. Pemilihan tanaman untuk rumah berdesain modern ini pun tidak sembarangan.

Menurut arsitek lanskap dari X-Otic Garden, Andie Noviandi, terdapat empat ciri tanaman yang kerap digunakan pada rumah modern. Pertama, tanaman memiliki tekstur daun yang simpel. Biasanya, ciri daunnya berbentuk jarum, tidak terlalu rimbun, dan tidak banyak memakan lahan.

Lalu, tanaman berikutnya yang bisa diletakkan di taman adalah tanaman yang memiliki batang artistik. Selanjutnya, tanaman yang memiliki pertumbuhan yang lambat. Ini pasti akan cocok mengingat masyarakat modern saat ini cenderung sibuk, sehingga tidak dipusingkan dengan masalah perawatan dan pemangkasan.

“Kita juga bisa memilih tanaman bunga dengan warna mencolok. Rumah modern biasanya didominasi oleh warna netral. Warna-warna bunga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih semarak,” kata Andie.

Lalu, tanaman apa saja yang biasa ditanam di hunian modern yang sesuai dengan kriteria di atas? Mungkin tanaman yang biasa disebut dengan pohon terompet ini bisa dijadikan salah satu pilihan untuk menghias taman Anda. Tanaman yang memiliki nama latin Tabebuia memiliki bunga yang berwarna kuning dan biasanya muncul pada usia tanam 8 bulan.

Yang menarik, tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun. Tentunya, bunga-bunga itu akan terus mempercantik tampilan rumah Anda.“Pohon terompet ini memiliki daya tahan akan kekeringan, sehingga cocok untuk kita yang tinggal di daerah tropis. Tabebuia ini juga tidak memiliki tajuk yang terlalu lebar, sehingga tidak merusak tampilan depan rumah. Begitu pun dengan akarnya, pohon Tabebuia memiliki akar tunggang yang tidak merusak kontur permukaan tanah,” jelas Andie.

Cara perawatan Tabebuia terbilang sederhana, cukup disiram setiap hari dan diberi pupuk. Di pasaran, tabebuia ukuran kecil dijual sekitar Rp250.000, sedangkan untuk ukuran sedang dijual seharga Rp500.000 dan yang besar sekitar Rp750.000.

Tanaman selanjutanya yang bisa Anda gunakan untuk memberi warna pada taman adalah kamboja. Tetapi, tanaman ini kini menjadi primadona untuk menghias taman dengan konsep modern. Bagaimana tidak bentuk batangnya yang meliuk unik dan aneka warna yang dimilikinya membuat mata Anda tidak jemu kala memandang.

“Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini ditemukan oleh Charles Plumier. Nama belakangnya kemudian diabadikan sebagai nama latin dari tanaman ini, yakni plumeria. Kamboja termasuk jenis tumbuhan yang mudah dirawat, penyiramannya pun cukup dilakukan 1 sampai 2 kali seminggu,” terang Andie.

Bila ingin menghadirkan sentuhan taman yang lebih tropis lagi, Anda bisa memilih tanaman Yucca Aloifolia. Tanaman ini sedang digandrungi karena memiliki bentuk yang unik dan perawatannya yang mudah. Daun Yucca yang terlihat seperti daun palem pada umumnya, juga tidak terlalu tajam dan tidak membahayakan manusia.

Yucca banyak ditemukan di daerah kering dan panas seperti Amerika Utara, Amerika Selatan, dan kepulauan Karibia. Jenisnya pun beragam, namun yang banyak tumbuh di Indonesia adalah jenis Yucca yang tidak berbunga,” tutup Andie.
Jadi, sudah tentukan jenis tanaman mana yang ingin Anda tambahkan di taman Anda? Selamat berkreasi. (Aprilia S Andyna)
(wan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)