Pentolan Kebon Sirih Ungkap Jenis Usaha yang Gampang Disentil Kredit Bank

Jum'at, 22 Januari 2021 - 12:00 WIB
loading...
Pentolan Kebon Sirih Ungkap Jenis Usaha yang Gampang Disentil Kredit Bank
Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membeberkan macam-macam usaha yang paling aman untuk diberikan pinjaman di tengah kondisi saat ini. Jenis usaha yang diprioritaskan dinilai berdampak tinggi pada PDB dan transaksi ekspor .

Setidaknya ada beberapa subsektor yang dinilai potensial, yaitu makanan dan minuman, pos dan telekomunikasi, alas kaki, logam dasar, serta tanaman pangan. ( Baca juga:Cetttaaaaaarrrrr! BI Bakal Razia Suku Bunga Bank )

"Ibarat kata untuk jenis usaha ini tinggal disentil saja langsung gelinding. Usaha ini akan memberi multiplier effect juga ke sektor lainnya. Jadi akan ada sinergi KSSK, perbankan, dan dunia usaha agar jelas peta usaha yang akan dikembangkan," ujar Perry dalam webinar hari ini di Infobank TV.

Selain itu juga disebutkan ada beberapa jenis usaha yang masih butuh insentif. Usaha yang dimaksud adalah kehutanan, furnitur, industri mesin, tambang bijih logam, real estate, perkebunan, dan industri TPT. Jenis usaha ini dikatakannya sedang dirundingkan bersama Menteri Keuangan untuk jenis insentif apa yang dibutuhkan.

"Kami siapkan insentif fiskalnya. Bisa dalam bentuk penjaminan kredit atau penjaminan suku bunga. Ada beberapa paket stimulus yang disiapkan. Termasuk juga dukungan dari BI dan OJK," jelasnya. ( Baca juga:AS Baru Mendakwa Hambali Cs setelah Dipenjara Hampir 18 Tahun )

Di tengah kondisi pandemi Covid19 ini persepsi risiko dari perbankan masih menjadi kendala dalam peningkatan kinerja penyaluran kredit dan melemahkan upaya pemulihan ekonomi nasional. Karena kinerja pertumbuhan kredit perbankan terkontraksi sangat dalam pada tahun lalu yakni -2,41% dibandingkan tahun sebelumnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)