Cetttaaaaaarrrrr! BI Bakal Razia Suku Bunga Bank

Jum'at, 22 Januari 2021 - 10:37 WIB
loading...
Cetttaaaaaarrrrr! BI Bakal Razia Suku Bunga Bank
Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersiap melakukan razia suku bunga di setiap bank dalam bentuk assessment suku bunga dasar kredit (SBDK). Tujuannya agar ada transparansi suku bunga perbankan. Karena saat ini kondisi likuiditas sangat tinggi namun bank tidak juga menurunkan suku bunganya. ( Baca juga:BI Sebut Penurunan Suku Bunga Kredit Akan Berlanjut )

"Kami akan melihat SBDK bank-bank itu seperti apa? Untuk setiap jenis SBDK, baik untuk konsumsi, modal kerja, dan lainnya. Trennya naik atau menurun," ujar Perry hari ini (22/1) dalam webinar di Infobank TV.

Dalam penilaian tersebut BI akan melihat spread suku bunga atau selisih antara SBDK dibandingkan suku bunga acuan BI dan juga dari suku bunga deposito yang menggambarkan cost of fund perbankan. "Ini akan kami analisis lalu disampaikan ke masyarakat," katanya.

Bank Indonesia setidaknya telah menginjeksi likuditas (quantitative easing/QE) kepada perbankan sebesar Rp726,57 triliun sepanjang 2020. Injeksi likuiditas itu terdiri dari penurunan Giro Wajib Minimum (GWM) dan ekspansi moneter bank sentral. ( Baca juga:Habib Rizieq Masih Sakit di Rutan Bareskrim, Pengacara: Mohon Doanya )

Namun Perry mengeluhkan, meskipun BI telah menyuntikkan likuiditas sangat tinggi ke sistem keuangan namun masalahnya bank-bank belum menurunkan suku bunganya. "Suku bunga acuan sudah sangat rendah tapi kredit bank belum turun. Kondisi likuiditas bank sangat longgar tapi jangan dananya mutar lagi di pasar keuangan. Harusnya ke sektor riil," ujarnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0938 seconds (0.1#10.140)