OPEC dan Rusia Setuju Pangkas Produksi Minyak Besar-besaran

Senin, 13 April 2020 - 10:15 WIB
loading...
OPEC dan Rusia Setuju Pangkas Produksi Minyak Besar-besaran
OPEC + dan produsen minyak lainnya sepakat mengurangi produksi global secara besar-besaran untuk mendongkrak harga minyak di tengah hantaman pandemi corona. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - OPEC dan sekutunya yang dipimpin oleh Rusia sepakat pada hari Minggu (12/4) untuk pemangkasan output untuk menopang harga minyak di tengah pandemi corona, dalam kesepakatan yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan sesama negara minyak, termasuk Amerika Serikat (AS), yang dapat membatasi pasokan minyak global sebesar 20%.

Langkah-langkah untuk memperlambat penyebaran virus corona telah menghancurkan permintaan bahan bakar dan menurunkan harga minyak, menekan anggaran produsen minyak dan memukul industri minyak serpih AS, yang lebih rentan terhadap harga rendah karena biaya produksinya yang lebih tinggi.

OPEC + menyatakan telah sepakat untuk mengurangi produksi sebesar 9,7 juta barel per hari (bph) untuk Mei dan Juni, setelah empat hari perundingan dan mengikuti tekanan dari Presiden AS Donald Trump untuk menahan penurunan harga.

Sumber-sumber OPEC + mengatakan mereka memperkirakan total pengurangan minyak global berjumlah lebih dari 20 juta barel per hari, atau 20% dari pasokan global, efektif 1 Mei. OPEC memiliki angka yang sama dalam draf pernyataannya tetapi menghapusnya dari versi final.

Pemotongan minyak terbesar yang pernah ada ini adalah lebih dari empat kali lebih besar dalam dari pemangkasan rekor sebelumnya pada 2008. Produsen perlahan-lahan akan mengurangi pembatasan setelah Juni, meskipun pengurangan produksi akan tetap berlaku sampai April 2022.

Menteri Energi Saudi mengatakan pengurangan minyak yang efektif OPEC + adalah 12,5 juta barel per hari. Dalam pernyataan dari Gedung Putih, Trump menyambut komitmen Arab Saudi dan Rusia untuk mengembalikan produksi minyak ke tingkat yang konsisten dengan energi global dan stabilitas pasar keuangan.

Sebelumnya di Twitter, Trump menulis: "Kesepakatan Minyak besar dengan OPEC + selesai. Ini akan menghemat ratusan ribu pekerjaan energi di Amerika Serikat," ujarnya seperti dikutip Reuters, Senin (13/4/2020).

Berterima kasih kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dan Raja Saudi Salman karena mendorong kesepakatan, Trump menambahkan: "Saya baru saja berbicara dengan mereka ... Sangat bagus untuk semua," tandasnya.

Total pemotongan global akan mencakup kontribusi dari non-anggota, pemotongan sukarela yang lebih curam oleh beberapa anggota OPEC + dan pembelian stok strategis oleh konsumen terbesar dunia.

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman mengatakan kepada Reuters bahwa pengurangan efektif yang nyata oleh OPEC + akan total 12,5 juta barel per hari karena Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan Kuwait akan memotong pasokan lebih curam karena output yang lebih tinggi pada bulan April.

Tiga sumber OPEC + mengatakan non-anggota seperti Brasil, Kanada, Indonesia, Norwegia dan Amerika Serikat akan berkontribusi 4 juta hingga 5 juta barel per hari.

Tiga sumber OPEC + mengatakan Badan Energi Internasional (IEA), pengawas energi untuk negara-negara paling maju di dunia, akan mengumumkan pembelian ke dalam saham oleh para anggotanya hingga 3 juta barel per hari dalam beberapa bulan ke depan.

IEA mengatakan akan memberikan pembaruan pada hari Rabu ketika merilis laporan bulanannya. Amerika Serikat, India, Jepang, dan Korea Selatan mengatakan mereka bisa membeli minyak untuk menambah cadangan.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3852 seconds (0.1#10.140)