Konsumsi Pertamax Turbo Naik, Pertamina Jadikan FT Samarinda Titik Suplai Baru

Minggu, 31 Januari 2021 - 12:01 WIB
loading...
Konsumsi Pertamax Turbo Naik, Pertamina Jadikan FT Samarinda Titik Suplai Baru
Konsumsi Pertamax Turbo di Kota Samarinda setahun terakhir terus meningkat menjadi sebanyak 616 kiloliter (KL). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region VI Kalimantan meluncurkan perdana Bahan Bakar Khusus (BBK) Gasoline jenis Pertamax Turbo di Fuel Terminal (FT) Samarinda. Peluncuran Pertamax Turbo di FT Samarinda ini guna memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen di Kota Samarinda pada khususnya dan wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara pada umumnya.



Pertamax Turbo mulai didistribusikan di Samarinda sejak tahun 2018 di 4 SPBU, namun pengiriman pasokannya masih disuplai dari Integrated Terminal (IT) Banjarmasin. Pengiriman Pertamax Turbo dari IT Banjarmasin berjarak tempuh 475 km dan memakan waktu 24 jam serta bergantung pada kondisi cuaca.

Executive General Manager Regional Kalimantan Freddy Anwar mengungkapkan bahwa minat masyarakat akan bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoline, yaitu Pertamax Turbo di Samarinda dan Kalimantan Timur cukup tinggi.

"Bentuk upaya kami dalam mendistribusikan BBM gasoline dengan RON 98 atau kualitas paling tinggi dengan cara mendekatkan titik suplai dari IT Banjarmasin ke FT Samarinda agar ketahanan stok untuk Pertamax Turbo terjaga," ungkap Freddy dalam keterangannya, Minggu (31/1/2021).

Konsumsi Pertamax Turbo di wilayah Kota Samarinda dalam setahun terakhir menurutnya meningkat sebanyak 17% atau 616 kiloliter (KL). Sedangkan untuk Kalimantan Timur dan Utara terjadi kenaikan sebesar 30% atau dari 1.242 KL tahun 2019 menjadi 1.616 KL di tahun 2020.



Selain konsumsi yang meningkat di tahun 2020, terdapat penambahan outlet Pertamax Turbo di SPBU seperti di SPBU Kab. Kutai Kartanegara, satu outlet SPBU di Kota Samarinda dan satu outlet SPBU di Kota Balikpapan. FT Samarinda telah menyiapkan Sarana Fasilitas berupa tanki storage dengan volume 1000 KL untuk ketersediaan Pertamax Turbo.

Lebih lanjut Freddy menambahkan bahwa dengan adanya stok BBK Pertamax Turbo di FT Samarinda, maka penyaluran akan lebih efektif dan efisien sehingga outlet Pertamax Turbo di SPBU dapat terlayani lebih cepat dan ketersediaan pasokan lebih terjamin.

"Kehadiran Pertamax Turbo di Samarinda sangat sentral karena posisinya berada di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur, dan akan menjadi titik suplai utama untuk melayani masyarakat di wilayah Samarinda, Kukar, Bontang, Kutai Barat, Kutai Timur, bahkan sampai ke Berau dan sekitarnya," paparnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1006 seconds (0.1#10.140)