Pionir Surat Utang Syariah Diangkat Jadi Sekjen Erick Thohir

Senin, 01 Februari 2021 - 11:47 WIB
loading...
Pionir Surat Utang Syariah Diangkat Jadi Sekjen Erick Thohir
Erick Thohir. foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir , secara resmi merampungkan Badan Pengurus Harian (BPH) MES periode 2021-2024. Dalam komposisi tersebut, Erick menetapkan Iggi H. Achsien sebagai sekretaris jenderal (sekjen).

Penetapan Iggi dan BPH didasari pada konsolidasi intensif antara Erick Thohir dengan beberapa pihak. Lewat koordinasi dan konsolidasi tersebut, komposisi MES diisi oleh orang-orang yang dinilai memiliki beragam latar belakang yang kompeten. ( Baca juga:Erick Thohir Rampungkan Kepengurusan MES, Ini Susunan Lengkapnya )

"MES merampungkan kepengurusan organisasi yang akan diisi oleh orang-orang dengan beragam latar belakang yang kompeten. Pengurus MES juga memiliki pengalaman, potensi serta komitmen kuat dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," ujar Erick dikutip Senin (1/2/2021).

Lantas siapa Sosok Iggi H. Achsien? Dari data yang dihimpun MNC Portal, Iggi saat ini menjabat sebagai komisaris independen Bank Muamalat Indonesia Tbk dan Tim Ahli Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dia memiliki pengalaman di industri keuangan di bidang perbankan syariah, pasar modal, dan asuransi. Bahkan, aktif terlibat dalam industri keuangan syariah dan dikenal sebagai pionir dalam penerbitan obligasi syariah (sukuk) di Indonesia dengan penerbitan pertama obligasi syariah mudharabah Indosat pada 2002.

Iggi juga ikut terlibat bersama Kementrian Keuangan (Kemenkeu) dalam proses penerbitan sukuk negara sejak tahun 2008 lalu. Dia juga pernah menjabat sebagai komisaris di PT Jamkrida Jawa Barat (Jabar) dan mengemban amanah membantu usaha koperasi, usaha mikro kecil, dan menengah. ( Baca juga:Viral, Pengantin Wanita Izin ke Suami untuk Peluk Mantan Kekasih Terakhir Kali )

Sebelumnya, lelaki lahir di Indramayu, 3 Februari 1977 itu memperoleh gelar sarjana ekonomi di Universitas Indonesia (UI) sebagai lulusan terbaik dengan predikat Cum Laude. Bahkan, telah menyelesaikan program Global Leadership Executive MBA di SBM ITB dan Aalto University, Finlandia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8009 seconds (0.1#10.140)