Simak! Begini Cara Garuda Indonesia Hadapi Cuaca Buruk

Selasa, 02 Februari 2021 - 20:29 WIB
loading...
Simak! Begini Cara Garuda Indonesia Hadapi Cuaca Buruk
Ilustrasi. FOTO/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Garuda Indonesia menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi cuaca buruk yang diperkirakan masih terjadi dalam beberapa waktu ke depan. Direktur utama garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, ada dua hal yang disiapkan oleh pihaknya dalam menghadapi cuaca ekstrem di antaranya perawatan pesawat secara intensif sehingga ketika terbang dalam kondisi sebaik-baiknya.

"Keamanan safety menjadi ujung tombak aktivitas dari Garuda Indonesia. Kami menyiapkan kondisi ekstrem pesawat dirawat sebaik-baiknya dan bisa diterbangkan," ujarnya dalam acara webinar waspada Cuaca Ekstrem di Sektor Transportasi, Selasa (2/2/2021).



Tidak hanya itu, pihaknya juga memberikan kewenangan penuh kepada pilot untuk memutuskan apakah pesawat layak terbang atau tidak menjadi yang utama. Sebab, peran Pilot menjadi sangat vital untuk memastikan penerbangan yang aman dan nyaman kepada para penumpang pesawat. "Kewenangan akhir di pilot untuk memutuskan terbang atau tidak apalagi dalam cuaca ekstrim," ucapnya.

Adapun keputusan pilot juga mengacu pada data prakiraan cuaca yang didapatkan dari BMKG. Bahkan, pilot juga terus berkomunikasi secara intensif dengan BMKG hingga detik terakhir sebelum memutuskan apakah layak terbang atau tidak.

"Jadi BMKG partner kita dan mendapatkan informasi penerbangan terakhir. Dan beberapa saat sebelum penerbangan terjadi. Untuk memastikan informasi terakhir yang kami peroleh. Kami lakukan untuk memastikan pesawat yang diterbangkan siap dan personel terlibat," jelasnya.



Selain itu lanjut Irfan, pihaknya juga meminta sebelum terbang terus berkomunikasi dengan operator bandara. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi dari landasan pesawat jika ada genangan air.

"Apa yang perlu dipersiapkan. Informasi yang kita peroleh menunda penerbangan jika diperlukan. Prakiraan kondisi cuaca bagaimana. Meminta informasi tersebut bukan hanya cuaca tapi panjang landasan apakah tercukupi genangan air dan memberikan informasi terkait turbulensi," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1491 seconds (0.1#10.140)